Penerapan metode Trading Place pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan hasil belajar pada indahnya keragaman budaya Indonesia di Kelas IV: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Kab. Bandung

Mishbah, Tigin Awaliyah (2019) Penerapan metode Trading Place pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan hasil belajar pada indahnya keragaman budaya Indonesia di Kelas IV: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang ditemukan di kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi, diantaranya rendahnya kemampuan siswa dalam membuat karangan narasi, dikarenakan siswa belum mengetahui langkah-langkah dalam membuat karangan narasi yang baik, dan masih banyak siswa yang jenuh dan bosan dikelas dikarenakan metode dan model pembelajaran yang disajikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat karangan narasi sebelum menggunakan metode Trading Place . Proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Trading Place dalam membuat karangan narasi. Mengetahui kemampuan siswa dalam membuat karangan narasi sesudah menggunakan metode Trading Place. Metode pembelajaran Trading Place merupakan metode yang mendorong siswa untuk lebih mengenal, saling tukar pikiran, dan mempertimbangkan gagasan, nilai atau menemukan ide baru tentang berbagai masalah. Metode ini merupakan cara yang baik untuk mengembangkan penyikapan diri atau sebuah pertukaran aktif terhadap berbagai sudut pandang. Dengan menggunakan metode trading palce diharapakan siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran sehingga pada saat dimulainya belajar siswa bisa saling menukar pendapat atau membuat gagasan dan menemukan ide-ide baru. Dengan begitu siswa bisa mencurahkan isi pendapat mereka dan membentuk pribadi mereka lebih berani dengan mampu saling bertukar pendapat. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa lembar observasi guru dan siswa, dan tes. Siswa yang dijadikan subjek penelitian pada kali ini adalah siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Kabupaten Bandung yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan hasil penerapan metode pembelajaran Trading Place terlihat adanya peningkatan siswa dalam membuat karangan narasi setiap siklusnya. pada siklus I tindakan 1 hasil laporan siswa mendapatkan pesentase klasikal 21% (rendah), dan pada tindakan 2 mendapatkan persentase klasikal 25% (rendah). Pada siklus II tindakan 1 hasil siswa membuiat laporan ilmiah mendapatkan persentase klasikal 50% (rendah), dan pada tindakan terkahir pada siklus II mendapatkan persentase klasikal 100% (sangat tinggi). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Trading Place dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat karangan narasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode trading place; hasil belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Awaliyah Misbah Tigin
Date Deposited: 09 Dec 2024 01:20
Last Modified: 09 Dec 2024 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102311

Actions (login required)

View Item View Item