Nurjanah, Siti (2024) Pengaruh media Big Book berbasis literasi terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan membaca peserta didik di sekolah dasar menjadi permasalahan yang harus segera diatasi. Banyaknya peserta didik yang nilainya masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan dari penggunaan media yang kurang efektif dan kreatif untuk melatih keterampilan membaca. Banyak media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di kelas II yaitu media Big Book.. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media Big Book di kelas eksperimen (2) Keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media buku bupena di kelas kontrol (3) Peningkatan keterampilan membaca kelas II setelah menggunakan media Big Book dan Bupena (4) Perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan membaca siswa kelas II setelah menggunakan media Big Book dengan siswa yang menggunakan media buku bupena. Penelitian ini diperoleh dari 24 peserta didik di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen, dan teknik mengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes tulis dan lisan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas, 3) uji hipotesis, dan 4) uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest sebelum diterapkan di kelas eksperimen memperoleh nilai 79,29, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai 73,21, keduanya termasuk kategori cukup. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-Gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,31. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,22. Terdapat perbedaan rata rata peningkatan antara kedua kelas, hasilnya menunjukkan nilai asymp.sig. sebesar 0.002, yang berarti < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat perbedaan nilai rata-rata peningkatan keterampilan membaca siswa yang menggunakan media Big Book dengan siswa yang menggunakan media buku bupena.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Big Book; Keterampilan Membaca; Media Pembelajaran |
Subjects: | Education Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Nurjanah |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 01:41 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102324 |
Actions (login required)
View Item |