Munawaroh, Linda Tazkiyatul (2024) Pengaruh kepemimpinan Islami kepala madrasah terhadap kinerja pendidik dan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (827kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (675kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada kepemimpinan Islami kepala madrasah serta melihat pengaruhnya terhadap kinerja guru dan mutu pendidikan di madrasah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepemimpinan islami kepala madrasah, pengaruh kepemimpinan islami kepala madrasah terhadap kinerja pendidik, untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan islami kepala madrasah terhadap mutu pendidikan madrasah dan untuk menganalisis kepemimpinan islami kepala madrasah terhadap kinerja guru dan mutu pendidikan madrasah. Teori yang digunakan pada penelitian ini untuk variabel kepemimpinan islami kepala madrasah mengacu kepada kepemimpinan pendidikan yang dilakukan oleh nabi Muhammad adalah hal -hal yang tercermin dari perilaku dan ucapannya, yaitu karakter : 1) Sidik, 2) Amanah, 3) Tabligh dan 4) Fatonah. Kinerja pendidik mengacu kepada UU No. 14 Tahun 2005 tentang kinerja pendidik meliputi: 1) Merencanakan pengelolaan kelas, 2) Mengelola pembelajaran, 3) Melaksanakan penilaian, dan 4) Melaporkan Hasil Penilaian. Variabel mutu pendidikan menggunakan 8 Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif . Sumber data di ambil dari stakeholders di MIN 1 Sumedang dan MIN 2 Sumedang. Teknik analisis data menggunakan skala likert diberikan kepada stakeholders dan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda (uji t dan uji f) serta koefisien determinasi. Hasil penelelitian ini menunjukkan, bahwa 1) Terdapat pengaruh kepemimpinan Islami kepala madrasah (X) terhadap kinerja pendidik (Y1) sebesar 0,246 atau 24,6% 2) Terdapat pengaruh kepemimpinan islami kepala madrasah (X) terhadap mutu pendidikan madrasah (Y2) sebesar 0,637 atau 63,7%. 3) Terdapat pengaruh kepemimpinan islami kepala madrasah (X) terhadap kinerja pendidik (Y1) dan mutu pendidikan madrasah (Y2) sebesar 0,677 atau 67,7%. Adapun rekomendasi dari penelitian ini terkait kinerja guru yaitu:1) Guru menyiapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah, 2) Guru menyediakan media atau bahan ajar yang menarik dan interaktif yang berpusat kepada peserta didik terutama pada mata pelajaran biologi, 3) Guru mengikuti pelatihan atau seminar terkait media pembelajaran ataupun yang lainnya sebagai bentuk mengikuti perkembangan zaman, 5) Sekolah menyediakan sarana dan prasaranaa sebagai penunjang guru di kelas, 6) Sekolah memperhatikan dari segi pembiayaan kepada guru sebagai bentuk kesejahteraan bagi para guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh kepemimpinan islami, kepala madrasah, kinerja pendidik dan mutu pendidikan, madrasah ibtidaiyah negeri |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Linda Tazkiyatul Munawaroh |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:34 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102464 |
Actions (login required)
View Item |