Andhika, Shidiq (2024) Pengembangan situs web a simple physics untuk meningkatkan keterampilan berpikir komputasional peserta didik pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpusaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran website A Simple Physics untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional peserta didik pada materi GLB dan GLBB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 Al-Aulia Bogor yang berjumlah 33 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran A Simple Physics berbasis website layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar ahli media 1 yaitu 4,3 dan 4,5 dari ahli media 2, dengan semua kriteria dinyatakan "D" (Diterima). Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran A Simple Physics berbasis website sebanyak tiga kali pertemuan termasuk pada kategori efektif dengan dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru mencapai 90,04% sementara aktivitas peserta didik mencapai 86,11%, kedua-duanya dinilai sebagai "Sangat Baik". Terdapat peningkatan pada keterampilan berpikir komputasional para peserta didik sesudah mereka memakai media Pembelajaran A Simple Physics menunjukkan hasil secara keseluruhan nilai N-gain ialah 0,74 dengan interpretasi yang tinggi. Selain itu, hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dengan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir komputasional peserta didik sebelum serta setelah menggunakan website ini dengan materi GLB dan GLBB di kelas XI MIPA 1 di MA Al-Aulia Bogor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | A Simple Physics; GLB dan GLBB; Kemampuan Berpikir Komputasional; Website |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Shidiq Andhika |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:35 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102630 |
Actions (login required)
View Item |