Amrulloh, Fariz Afif (2024) Penerapan model kooperatif tipe STAD dan MEDIA MIND MAPPING untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran PAI: Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Padahal guru sudah menggunakan model dan media pembelajaran. Hanya saja hal tersebut masih kurang optimal, sehingga menyebabkan pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dan menurunkan keinginan siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1)Penerapan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisionsdan Media Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2)Hasil berlajar siswa seterlah mernggurnakan Pernerrapan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisionsdan Media Mind mapping 3) Perngarurh Pernerrapan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisionsdan Media Mind mapping urnturk merningkatkan hasil berlajar siswa. Menurut (Ridwan) Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang memiliki Tingkat kemampuan berbeda yang anggotanya terdiri dari empat sampailima orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen Oleh karna itu hipotesis yang diajukan adalah Penerapan Model Kooperatif tipe Student teams achievement divison dan Media Mind mapping dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan model Quasi Experiment. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan lembar tes terhadap kegiatan siswa. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan Model Kooperatif Student Teams achievement divison dan Media Mind mapping terlaksana dengan baik. 2) Hasil berlajar siswa meningkat seterlah mernggurnakan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisionsdan Media Mind mapping Dapat dilihat dari nilai posttest sebesar 83,1 dan rata-rata nilai pretest sebesar 62,5. 3) Penerapan Model Kooperatif tipe Student Teams achievement divison dan Media Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,603 yang termasuk dalam peningkatan kategori sedang. Dengan demikian bahwa Penerapan Model Kooperatif tipe Student Teams achievement divison dan Media Mind mapping Dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Model Pembelajaran |
Subjects: | Religious Education Islam > Islamic Religious Education Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fariz Afif Amrulloh |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 07:50 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 07:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102718 |
Actions (login required)
View Item |