Agfirlana, Arfan (2024) Implementasi program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al-falah Cicalengka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER_TESIS.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TESIS.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTARISI_TESIS.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB1_TESIS.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB2_TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text (BAB III)
BAB3_TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB4_TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
BAB5_TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS_TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
Abstract
Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka melakukan beberapa pembelajaran dalam upaya membentuk ruhani, seperti membaca zikir setelah selesai shalat, pembacaan wirid toriqah naqsyabandiyyah setiap satu minggu. Selain itu, para santri juga diberi pemahaman-pemahaman dengan mempelajari kitab klasik sebagai sumber ilmu dan pengetahuan dalam upaya mendidik ruhani. Dewan pengasuh juga suka mengumpulkan para santri untuk diberi nasehat-nasehat sebagai bentuk upaya mendidik ruhani. Tujuan dari penelitian adalah (1); untuk mengetahui perencanaan program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren al-falah Cicalengka, (2); untuk mengetahui implementasi program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren al-falah Cicalengka, (3); untuk mengetahui keberhasilan program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren al-falah Cicalengka. (4); untuk mengetahui evaluasi program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren al-falah Cicalengka. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, sumber data yang diperoleh peneliti melalui observasi partisipan, wawancara, studi dokumentasi, dan triangulasi. Metode penelitian kualitatif studi kasus adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan mengungkap kejadian atau fakta keadaan fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyajikan masalah apa yang sedang terjadi. Berdasarkan dari penelitian ini bahwa, (1); Perencanaan program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlah santri di Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka telah dibuat mulai dari penetapan qonun Yayasan Asysyahidiyyah, pembuatan struktur organisasi Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka, pembentukan pengurus, (2); Implementasi program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan seluruh program kerja khususnya dalam hal peribadatan dan pendidikan, namun masih perlu ditingkatkan kembali, (3); keberhasilan program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka cukup baik, mengingat proses keberhasilan ini tidak instan perlu memerlukan tenaga, pikiran, dalam menghasilkan santri yang berakhlak mulia, (4); evaluasi program pendidikan ruhani dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka perlu ditingkatkan terlebih dalam menyeleksi guru pada pengajian kitab dan guru pada pengajian Al-Qur`an.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode studi kasus; Pendidikan Ruhani; Akhlak; Santri |
Subjects: | Islam Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arfan Muchammad Agfirlana |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 01:24 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 01:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102720 |
Actions (login required)
View Item |