Muthia, Cut (2024) Dakwah perempuan di media sosial : Studi dakwah “Tanpa Wajah” pada Channel Youtube Ustadzah Halimah Alaydrus. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (713kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena dakwah melalui platform digital, khususnya youtube, yang telah menjadi tren yang menarik perhatian. Salah satu sosok yang menonjol di tengah tren ini adalah fenomena Ustadzah Halimah Alaydrus yang berhasil meraih jutaan pengikut di youtube meski tidak pernah menampakkan wajahnya merupakan sebuah paradoks menarik dalam dunia dakwah digital. Kontras antara anonimitas visual dengan pengaruh yang begitu besar menghadirkan pertanyaan mendasar: Apa yang membuat pesan dakwahnya begitu memikat hati banyak orang?. Meskipun tidak pernah menampakkan wajahnya, beliau berhasil mengumpulkan jutaan pengikut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor kunci yang berkontribusi pada kesuksesan unik ini yaitu, dakwah tanpa tampilan wajah (visual) seperti yang dilakukan oleh Ustadzah Halimah Alaydrus. Dengan memanfaatkan teori new media dari Pierre Lévy, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana interaksi sosial dan integrasi sosial terbentuk, serta daya tarik yang dihasilkan oleh metode dakwah Ustadzah Halimah Alaydrus. Tekait metode penelitian, menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan analisis isi, jenis studi kasus, dan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi mendalam terhadap konten youtube Ustadzah Halimah Alaydrus, serta analisis komentar dan respon dari audiensnya serta implikasinya bagi peran perempuan dalam dakwah digital di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kaya akan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang komunikasi, agama, dan media sosial. Menggunakan paradigma kritis dan pendekatan analisis isi. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang membuat konten dakwahnya begitu menarik dan efektif, serta implikasinya bagi peran perempuan dalam dakwah digital di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga akan membandingkan strategi dakwah beliau dengan tokoh dakwah lainnya untuk mengidentifikasi karakteristik yang membedakannya. Hasil penelitian dakwah perempuan di media sosial yang dilakukan oleh Ustadzah Halimah Alaydrus menjadi daya tarik audiens serta relevansi konten dengan kehidupan sehari-hari. Dalam interaksi sosial Ustadzah Halimah Alaydrus di youtube, terdapat gaya komunikasi. Dalam integrasi sosial Ustadzah Halimah Alaydrus dipengaruhi dengan komunikasi gender yang tidak sedikit mengangkat pesan dan kisah bagi perempuan secara keseluruhan, dan komunikasi profetik yang dilakukan oleh Ustadzah halimah Alayadrus faktanya menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Ustadzah Halimah Alaydrus dalam menyampaikan pesan dakwah di media sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah Perempuan; Komunikasi Gender; Komunikasi Profetik; Gaya Komunikasi |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Cut Cut Muthia Muthia |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:28 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103007 |
Actions (login required)
View Item |