Manajemen strategi dalam meningkatkan kualitas kemampuan hafalan Al-Qur'an siswa pada program tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Taqurma Mathla'ul Anwar

Hidayat, Moh. Naufal (2024) Manajemen strategi dalam meningkatkan kualitas kemampuan hafalan Al-Qur'an siswa pada program tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Taqurma Mathla'ul Anwar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER,,.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK,,.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI,,.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I,,.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III,,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV,,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA,,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Pondok Pesantren telah lama menjadi lembaga pendidikan Islam yang berperan penting dalam pembentukan generasi penghafal Al-Qur’an. Pendidikan di Pondok Pesantren mencakup pembelajaran, penghafalan, dan pemahaman Al-Qur’an salah satunya adalah dengan mengadakan program tahfidz Al-Qur’an. Program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren bertujuan untuk memastikan siswa tidak hanya mampu membaca dan menghafal, tetapi juga memiliki kemampuan hafalan yang berkualitas. Kualitas hafalan Al-Qur’an dapat diukur dengan kemampuan seseorang untuk menghafal dengan baik dan benar, melibatkan aspek-aspek seperti tajwid, ghorib, fashahah, serta menerapkan tartil dengan baik sehingga bacaan menjadi lancar dan sesuai dengan kaidah yang benar. Salah satu aspek yang sangat pokok dalam meningkatkan kualitas kemampuan hafalan siswa pada program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren adalah penerapan manajemen strategi. Manajemen strategi memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas kemampuan hafalan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi, implementasi, dan evaluasi manajemen strategi dalam meningkatkan kualitas kemampuan hafalan siswa pada program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Mathla’ul Anwar (TAQURMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian manajemen strategi yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Mathla’ul Anwar (TAQURMA) menunjukkan bahwa formulasi strategi melibatkan perumusan visi misi, analisis lingkungan internal dan eksternal, serta penetapan tujuan. Implementasi strategi ditandai dengan komitmen dan disiplin dalam menetapkan target hafalan untuk siswa, menyediakan waktu pengajaran terstruktur, dan memberikan arahan kepada siswa. Pimpinan dan pembimbing memberikan motivasi dan arahan kepada siswa, dengan memperhatikan perbedaan kemampuan siswa dan menerapkan metode hafalan yang sesuai. Evaluasi dilakukan melalui pengawasan, motivasi, dan ujian hafalan. Meskipun manajemen strategi telah dijalankan dengan baik, masih terdapat kendala yang membuat sebagian siswa kesulitan mencapai target hafalan yang telah ditetapkan, seperti lingkungan dan kurangnya waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi; meningkatkan kualitas; program tahfidz
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: moh naufal hidayat
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:21
Last Modified: 03 Jan 2025 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103102

Actions (login required)

View Item View Item