Penerapan media wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI terpadu Ar-rifqi, Cileunyi, Kabupaten Bandung

Azzahra, Halah (2024) Penerapan media wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI terpadu Ar-rifqi, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi yang sebagian besar memiliki minat belajar yang kurang, dibuktikan dengan angket pratindakan yang menghasilkan 19 responden kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi memiliki rata-rata (%) 21-30 dengan kategori “kurang berminat” terhadap mata pelajaran IPAS. Hal ini ditandai rasa mengantuk, kurang keterlibatan dalam pembelajaran, serta kurangnya respons belajar dari beberapa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Minat belajar siswa sebelum diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwall. 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan media wordwall pada setiap siklusnya. 3) Minat belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwall. Wordwall adalah platform yang meinawarkan peirmainan inteiraktif yang dapat diseisuaikan untuk beirbagai mata peilajaran di tingkat Seikolah Dasar. Minat beilajar adalah keiteirtarikan yang kuat teirhadap seisuatu yang diiringi oleih peirhatian seirta aktivitas yang meindorong peirubahan dalam sikap, keiteirampilan, dan peingeitahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagai menjadi dua jenis yaitu teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kedua teknik analisis data kuantitatif meliputi analisis data lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta analisis data angket minat belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian diperoleh: 1) Minat belajar siswa pada prasiklus atau tahap sebelum penerapan pembelajaran dengan menggunakan media wordwall pada pembelajaran IPAS kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi skor rata-rata (%) 28 dengan kategori kurang berminat. 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan media wordwall memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I 63% dengan kategori baik, kemudian aktivitas siswa pada siklus II menjadi 82% dengan kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I 64% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada siklus II 81% dengan kategori sangat baik. 3) Minat belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwall mengalami suatu peningkatan pada setiap siklusnya memperoleh skor rata (%) minat belajar siswa 28 pada prasiklus kategori kurang berminat, 35 pada siklus I kategori cukup berminat, 46 pada siklus II kategori berminat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Media Wordwall
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Halah Az Zahra
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:21
Last Modified: 06 Jan 2025 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103109

Actions (login required)

View Item View Item