Gustiani, Dea (2024) Penerapan metode pembelajaran Reading Guide untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Penelitian tindakan kelas di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Hufadz. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (581kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya suatu permasalahan mengenai rendahnya kemampuan literasi membaca siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti, bahwa kemampuan literasi membaca siswa dikelas IV-B ini hanya ada 17 siswa yang belum tuntas mengerjakan soal yang sudah diberikan dan hanya ada 4 siswa yang nilainya melebihi KKM yaitu 70. Hal ini terjadi karena dalam proses pembelajaran, masih banyak siswa yang kurang memiliki minat dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan literasi membaca siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Reading Guide. (2) proses penerapan metode pembelajaran Reading Guide pada setiap siklusnya. (3) Hasil kemampuan membaca siswa menggunakan metode pembelajaran Reading Guide pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua (2) siklus dengan melewati empat (4) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklusnya terdiri dari dua (2) tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-B MI Darul Hufadz yang berjumlah 27 siswa dan seluruhnya adalah siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan literasi membaca siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran Reading Guide masih tergolong rendah dengan memperoleh presentase ketuntasan klasikal 19% termasuk kedalam kategori sangat kurang. Adapun kemampuan literasi membaca siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Reading Guide meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64 dengan ketuntasan klasikal 29% termasuk kategori sangat kurang, pada siklus II adanya peningkatan yang diperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal 85% yang termasuk kategori sangat berkualitas. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan, penelitian ini sudah mencapai ≥ 70% dari jumlah siswa yang mencapai KKM yakni mencapai 85% dengan kategori sangat berkualitas. Dengan demikian menunjukan bahwa kemampuan literasi membaca siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Reading Guide mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas; Metode Pembelajaran Reading Guide; Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dea Gustiani |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 06:27 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 06:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103216 |
Actions (login required)
View Item |