Ardiyanti, Dini (2024) Penerapan Metode Show and Tell berbantuan media Magic Box untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (521kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses interaksi manusia dengan lingkungannya yang berlangsung dengan sengaja dan terencana dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan seluruh potensi, baik fisik maupun psikis. Pendidikan hendaknya dilakukan secara efektif, tidak hanya mementingkan hasil belajar tetapi juga mengacu pada kreativitas siswa untuk menggunakan potensi belajar yang ada, serta dapat meningkatkan keterampilan siswa, salah satunya yaitu keterampilan dalam berbicara. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MI Miftahul Falah, peneliti menemukan permasalahan yakni rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penggunaan metode show and tell berbantuan media magic box merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III MI Miftahul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterampilan berbicara siswa sebelum menerapkan metode show and tell berbantuan media magic box pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Mengetahui penerapan metode show and tell berbantuan media magic box dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran pada setiap siklusnya. 3) Mengetahui keterampilan berbicara siswa setelah menerapkan metode show and tell berbantuan media magic box pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada setiap siklusnya. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan menggunakan desain PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan pada kelas III MI Miftahul Falah yanh terdiri dari 25 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan berbicara siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata skor sebesar 65,4 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 44% berada pada kategori sangat rendah. 2) Penerapan metode show and tell berbantuan media magic box pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III dapat terlaksana dengan baik. Skor yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru pada pra siklus 73%, siklus I 81%, siklus II 98%. Adapun rata-rata skor observasi aktivitas siswa yaitu 71% pada pra siklus, 76% pada siklus I, dan 82% pada siklus II. 3) Adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada setiap siklus yaitu 60% (cukup) pada siklus I dan 80% (tinggi) pada siklus II. Penelitian ini berakhir pada siklus II karena pada siklus tersebut siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sudah mencapai lebih dari 70% dan ketuntasan klasikal siswa berada pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Show and Tell; Media Magic Box; Keterampilan Berbicara; Bahasa Indonesia |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dini Ardiyanti |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:26 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 00:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |