Pengembangan manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Islam Terpadu : Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi

Dahlan, Sahid Ahmad (2024) Pengembangan manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Islam Terpadu : Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya kompetitor antar lembaga pendidikan Islam di daerah Cikarang Selatan sangat ketat. Sekolah Dasar Islam terpadu Darussalam Cikarang Selatan sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan kurikulum yaitu pengembangan kurikulum bernuansa Islami dan disiplin ilmu pengetahuan dalam merealisasikan visi sekolah yaitu untuk mewujudkan mitra masyrakat, mencetak generasi beriman, bertakwa dan berprestasi. Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam terdapat program tahsin, tahfidz, kepesantrenan (Ilmu Nahwu dan Sharaf), Hadits pilihan. Hasil Prestasi yang pernah diraih oleh SDIT Darussalam yaitu juara 2 lomba tahfidz Pentasi PAI Kecamatan Cikarang Selatan Tahun 2019. Penelitian ini fokus pada: (1) Perencanaan dan penentuan tujuan pengembangan kurikukum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Cikarang Selatan (2) Pengorganisasian dan pelaksanaan pengembangan kurikukum di Sekolah Dasar Terpadu Darussalam Cikarang Selatan (3) Evaluasi pengembangan kurikukum di Sekolah Dasar Terpadu Darussalam Cikarang Selatan. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan dan penentuan tujuan pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar Terpadu Darussalam Cikarang Selatan, 2) Menganalisis dan mendeskripsikan pengorganisasian dan pelaksanaan pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar Terpadu Darussalam Cikarang Selatan dan 3) Menganalisis dan mendeskripsikan evaluasi pengembanagan kurikulum di Sekolah Dasar Terpadu Darussalam Cikarang Selatan. Penelitian ini menggunakan Teori Ralp Tyler yaitu, 1) menentukan tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan pendidikan yang akan dilakukan, 2) menentukan bentuk proses pembelajaran menuju pencapaian tujuan yang sudah dirumuskan, 3) menentukan pengaturan atau organisasi materi kurikulum disesuaikan dengan bentuk proses yang akan dilakukan dan 4) menentukan cara untuk evaluasi hasil pelaksanaan kurikulum yang berupa proses pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan partisipatif, dan digunakan juga seperti wawancara, observasi, tes maupun dokumentasi. Teknis Analisa data kualitatif dilakukan apabila data empiris yang diperoleh merupakan data kualitatif berupa kumpulan kata-kata dan bukan rangkaian angka dan tidak dapat diklasifikasikan ke dalam kategori/struktur klasifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren untuk meningkatkan kualitas sekolah : 1. Perencanaan pengembangan kurikulum ini melibatkan Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Wakil kepala Sekolah, Dewan guru serta partisipasi dari orang tua murid. 2. Pelaksanaan pengembangan kurikulum berbasis pesantren di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi dilakukan dengan membentuk tim pembuat silabus, teknik yang digunakan, alat bantu yang dipakai, lamanya waktu pencapaian kegiatan, dan pihak yang terlibat. 3. Pelaksanaan evaluasi kurikulum berbasis pesantren di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Kabupaten Bekasi dilakukan setiap semester pelajaran. 4. Dampak pengembangan kurikulum berbasis pesantren di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi meliputi : terjadinya peningkatan dan mendapat kepercayaan dari masyarakat dengan banyaknya calon siswa yang mendaftar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam dan para alumni yang diterima hampir 80% diberbagai pesantren untuk melanjutkan jenjang berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar
Subjects: Elementary Education > Elementary School
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sahid Ahmad Dahlan Dahlan
Date Deposited: 17 Jan 2025 06:26
Last Modified: 17 Jan 2025 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103415

Actions (login required)

View Item View Item