Hasanah, Annisa Rohmatul (2025) Pengembangan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
1202070015_Lampiran Skripsi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan literasi sains dalam pendidikan adalah mendorong kesadaran akan isu global, inovasi teknologi, serta guna menciptakan generasi adaptif yang siap menghadapi tantangan masa depan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook, dan peningkatan literasi sains peserta didik setelah menggunakan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI-3 SMAN 1 Talaga. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli media, ahli materi, ahli lapangan, lembar observasi, dan soal keterampilan literasi sains. Teknik analisis data mencakup uji validitas menurut Gregory, perhitungan lembar observasi, N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien validitas sebesar 1, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92% untuk guru, dan 84% untuk peserta didik. Penggunaan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook dalam kegiatan pembelajaran terbukti mampu meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi, dengan nilai N-gain sebesar 0,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000. Nilai p yang sangat kecil (p < 0.05) menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan literasi sains peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik Berbasis Heyzine Flipbook; Literasi sains; Gelombang Bunyi |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Annisa Rohmatul Hasanah |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:52 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103443 |
Actions (login required)
View Item |