Pengembangan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi

Hasanah, Annisa Rohmatul (2025) Pengembangan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1202070015_Lampiran Skripsi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan literasi sains dalam pendidikan adalah mendorong kesadaran akan isu global, inovasi teknologi, serta guna menciptakan generasi adaptif yang siap menghadapi tantangan masa depan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook, dan peningkatan literasi sains peserta didik setelah menggunakan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI-3 SMAN 1 Talaga. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli media, ahli materi, ahli lapangan, lembar observasi, dan soal keterampilan literasi sains. Teknik analisis data mencakup uji validitas menurut Gregory, perhitungan lembar observasi, N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien validitas sebesar 1, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92% untuk guru, dan 84% untuk peserta didik. Penggunaan modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook dalam kegiatan pembelajaran terbukti mampu meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi, dengan nilai N-gain sebesar 0,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000. Nilai p yang sangat kecil (p < 0.05) menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan literasi sains peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya modul elektronik berbasis Heyzine Flipbook pada materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik Berbasis Heyzine Flipbook; Literasi sains; Gelombang Bunyi
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Annisa Rohmatul Hasanah
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:52
Last Modified: 15 Jan 2025 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103443

Actions (login required)

View Item View Item