Pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Face Care kefir untuk meningkatkan literasi halal dan kompetensi wirausaha peserta didik

Patimah, Pepi (2024) Pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Face Care kefir untuk meningkatkan literasi halal dan kompetensi wirausaha peserta didik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB V)
8_penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan desain pembelajaran pembuatan face care kefir berkaitan dengan literasi halal dan kompetensi wirausaha, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek dalam pembuatan face care kefir danan menganalisis peningkatan literasi halal dan kompetensi wirausaha peserta didik setelah pembelajaran berbasis proyek pembuatan face care dari bahan kefir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan quasi-eksperimental yaitu terdapat kelas eksperimen yang akan menerima perlakuan berupa pembelajaran berbasis proyek pembuatan face care kefir dan kelas kontrol tidak menerima perlakuan atau menggunakan metode pembelajaran tradisisonal. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian merupakan sebanyak 70 peserta didik kelas XI SMA yang dibagi menjadi kelas eksperimen sebanyak 35 peserta didik dan kelas kontrol 35 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi dan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pembelajaran berbasis proyek terhadap literasi halal dan kompetensi wirausaha . Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa setelah pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan literasi halal dan kompetensi wirausaha peserta didik terjadi peningkatan literasi halal peserta didik di mana diperoleh nilai N-Gain skor menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 0.57 dengan kategori sedang yang menunjukkan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Face care kefir; kompetensi wirausaha; literasi halal; pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Patimah Pepi
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:02
Last Modified: 20 Jan 2025 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103541

Actions (login required)

View Item View Item