Agustin, Rini (2025) Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir sistem peserta didik pada materi energi biomassa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Download (685kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini merupakan implementasi model problem based learning (pbl) dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir sistem peserta didik pada materi energi biomassa. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui keterlaksanaan model problem based learning (pbl) dengan teknik mind mapping dan model discovery learning dengan teknik mind mapping 2) menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir sistem peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model problem based learning (pbl) dengan teknik mind mapping dan model discovery learning dengan teknik mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen dan desain nonequivalent control group. Hasil dari penelitian ini adalah 1) dengan menggunakan strategi AABTLT with SAS, kelas yang menggunakan model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping memperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan sebesar 82,1% dengan kategori efektif dan kelas yang menggunakan model discovery learning dengan teknik mind mapping memperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan sebesar 77,45% dengan kategori efektif 2) nilai n-gain dari model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping sebesar 0,76 dengan kategori tinggi, sedangkan nilai n-gain model discovery learning dengan teknik mind mapping sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 (sig.(2-tailed) < 0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir sistem setelah melaksanakan pembelajaran dengan model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping dan discovery learning dengan teknik mind mapping. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping terbukti lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir sistem dibandingkan dengan model discovery learning dengan teknik mind mapping
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Energi Biomassa; Keterampilan Berpikir Sistem; Mind Mapping; Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rini Agustin |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:40 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103688 |
Actions (login required)
View Item |