Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir sistem peserta didik pada materi energi biomassa

Agustin, Rini (2025) Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir sistem peserta didik pada materi energi biomassa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini merupakan implementasi model problem based learning (pbl) dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir sistem peserta didik pada materi energi biomassa. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui keterlaksanaan model problem based learning (pbl) dengan teknik mind mapping dan model discovery learning dengan teknik mind mapping 2) menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir sistem peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model problem based learning (pbl) dengan teknik mind mapping dan model discovery learning dengan teknik mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen dan desain nonequivalent control group. Hasil dari penelitian ini adalah 1) dengan menggunakan strategi AABTLT with SAS, kelas yang menggunakan model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping memperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan sebesar 82,1% dengan kategori efektif dan kelas yang menggunakan model discovery learning dengan teknik mind mapping memperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan sebesar 77,45% dengan kategori efektif 2) nilai n-gain dari model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping sebesar 0,76 dengan kategori tinggi, sedangkan nilai n-gain model discovery learning dengan teknik mind mapping sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 (sig.(2-tailed) < 0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir sistem setelah melaksanakan pembelajaran dengan model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping dan discovery learning dengan teknik mind mapping. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (pbl) disertai teknik mind mapping terbukti lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir sistem dibandingkan dengan model discovery learning dengan teknik mind mapping

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Energi Biomassa; Keterampilan Berpikir Sistem; Mind Mapping; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini Agustin
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:40
Last Modified: 22 Jan 2025 01:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103688

Actions (login required)

View Item View Item