Pengembangan aplikasi Android berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar peserta didik pada materi usaha dan energi

Priatna, Rapi (2024) Pengembangan aplikasi Android berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_RAPI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android berbasi STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir tinggi dan motivasi belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model 4D (define, design, development, and dissemination). Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest dengan 36 peserta didik yang dijadikan sampel penelitian. Analisis data menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan angket motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika aplikasi Android berbasis STEM pada materi usaha dan energi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan tingkat kelayakan media 86,3%, kelayakan materi 94%, hasil uji coba skala kecil 92%, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran 89,6%, peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan N-gain 0,7, dan motivasi belajar peserta didik sebesar 84% masuk pada kategori tinggi, serta terdapat hubungan positif antara keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan motivasi belajar peserta didik. Media pembelajaran aplikasi Android berbasis STEM pada materi usaha dan energi sangat layak digunakan sebagai nedia pembelajarann untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aplikasi android; keterampilan berpikir tingkat tinggi; usaha dan energi; motivasi belajar
Subjects: Natural Science
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rapi Priatna
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:12
Last Modified: 22 Jan 2025 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103700

Actions (login required)

View Item View Item