Hulwani, Zeinata Zhafira (2024) Upaya meningkatkan motivasi belajar anak dalam pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 melalui metode eksperimen sederhana di rumah: Penelitian tindakan kelas di Raudhatul Athfal Persatuan Islam 235 Nashrullah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan di Raudhatul Athfal Persatuan Islam 235 Nashrullah ditemukan fakta bahwa anak-anak mengalami penurunan dalam faktor semangat belajar pada proses pembelajaran online atau daring. Adapun penurunan semangat tersebut adalah berkurang bahkan hilangnya motivasi dalam diri anak untuk belajar karena keadaan saat itu yang mana sedang dalam masa pandemi virus COVID-19 yang mengharuskan masyarakat di hampir seluruh tempat di Indonesia untuk melaksanakan lockdown. Anak pun mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang diberikan oleh sekolah Tujuan dari penelitian yang diadakan ini ialah umtuk :1) Mengetahui motivasi anak sebelum diterapkan metode eksperimen sederhana, 2) Mengetahui penerapan kegiatan eksperimen sederhana di rumah pada anak di RA Nashrullah 3) Mengetahui motivasi anak setelah diterapkan metode eksperimen sederhana. Teori yang menjadi dasar adalah teori tentang Motovasi dan Metode eksperimen dalam pedidikan. Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap tujuan. Adapun Metode eksperimen adalah salah satu metode yang digemari anak karena pengimplementasiannya yang dianggap menarik dan menantang bagi anak. Selain itu biasanya anak menjadi lebih paham mengenai suatu materi pembelajaran dengan melaksanakan praktek berupa eksperimen. Hipotesis yang dibuat berdasarkan masalah yang ditemukan adalah : dengan penerapan metode eksperimen, dapat meningkatkan motivasi belajar anak dalam melaksanakan pembelajaran Daring atau Online. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan merupakan action research yang dilakukan oleh guru dalam kelas dimana dalam penelitian tindakan kelas terdapat empat tahap penelitian dalam satu siklus yaitu (a) perencanaan atau planning (RPPH) ; (b) tindakan atau acting; (c) pengamatan atau observing; dan (d) refleksi atau reflecting. Adapun sampel data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari siswa berjumlah 10 anak di RA PERSIS 235 Nashrullah. Setelah diadakan penelitian berupa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran daring, dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam hal motivasi belajar sebesar 71%, dibandingkan masa belajar saat COVID dalam pembelajaran secara daring tanpa metode eksperimen. Metode Experimen sederhana di rumah terbukti menambah semangat dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Education > Miscellany of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | zeinata zeinata zhafira huwani herdiwandani |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 09:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103758 |
Actions (login required)
View Item |