Karmila, Mira (2024) Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi..pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ Bab I.pdf Download (856kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) |
||
Text (BAB III)
6_ Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
||
Text (BAB IV)
7_ Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_ Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_ Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal bahwa perkembangan nilai agama dan moral anak di Kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat anak jarang mengucapkan salam ketika tiba di sekolah, anak belum mampu bersikap baik ketika bermain dengan temanya, saat kegiatan berdoa melakukannya dengan suara menjerit. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode bermain peran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak. Tujuan dari penelitian yang dilakukan di Kelompok B RA Al Muhajir Panyileukan Kota Bandung ini adalah untuk mengetahui: 1) Perkembangan nilai agama dan moral anak melalui metode bermain peran pada kelas eksperimen; 2) Perkembangan nilai agama dan moral anak melalui metode bercerita pada kelas kontrol; dan 3) Perbedaan perkembangan nilai agama dan moral anak antara menggunakan metode bermain peran dengan metode bercerita. Penelitian ini berdasarkan pada suatu pemikiran bahwa dalam mengembangkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan serta melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Metode bermain peran merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan pada anak usia dini untuk mengembangakan nilai agama dan moral. Saat bermain peran anak mengalami imajinasi yang memungkinkan anak untuk mempraktikkan perilaku moral dan agama dalam konteks yang terkendali. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design serta melalui pola pretest, treatment dan posstest terhadap dua kelompok untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral pada anak. Kelas B1 sebanyak 15 anak (kelas kontrol) dan kelas B2 sebanyak 15 anak (kelas eksperimen). Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Proses analisis data melibatkan uji instrumen terlebih dahulu yaitu validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji parsial item per indikator, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode bermain peran diperoleh nilai rata-rata 54 dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode bermain peran diperoleh nilai rata-rata 88. Sedangkan perkembangan nilai agama dan moral anak sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode bercerita diperoleh nilai rata-rata 47 dan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 74. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung=2,903>t_(tabel )=1,701 maka H_0 (hipotesis nol) ditolak dan H_1(hipotesis alternatif) diterima. Artinya terdapat perbedaan perkembangan nilai agama dan moral pada anak antara pembelajaran menggunakan metode bermain peran dengan metode bercerita di Kelompok B RA Al Muhajir Panyileukan Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Peran; Agama dan Moral; Anak Usia Dini |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mira Karmi mia mira |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103869 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI:Kuasi Eksperimen di Kelompok B RA Al Muhajir Panyileukan Kota Bandung. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Muhajir Panyileukan Kota Bandung. (deposited 30 Jan 2025 02:11) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |