Penerapan model pembelajaran Wondering Exploring Explaining untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan curiosity siswa

Tazkiyyah, Rahma Dilla (2025) Penerapan model pembelajaran Wondering Exploring Explaining untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh sebab itu model pembelajaran wondering exploring explaining menjadi alternatif agar siswa menjadi nyaman dan menumbuhkan rasa ingin tahu yang ada dalam salah satu indikator curiosity. Tujuan penelitian ini: (a) Bagaimana keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran wondering exploring explaining; (b) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran wondering exploring explaining lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) Bagaimana curiosity siswa terhadap pembelajaran matematika setelah menggunakan model wondering exploring explaining. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu: (a) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model wondering exploring explaining dikatagorikan sangat baik; (b) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol; (c) Model wondering exploring explaining mendapatkan respon positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Wondering Exploring Explaining; Curiosity
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahma Dilla Tazkiyyah
Date Deposited: 05 Feb 2025 01:26
Last Modified: 05 Feb 2025 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103999

Actions (login required)

View Item View Item