Hudah, Iana Rotul (2024) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik: Penelitian di SMPN 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (376kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan pendidikan dapat terwujud apabila ada pra syarat yang dipenuhi. Diantara dari beberapa faktornya ialah strategi penggunaan media pembelajaran untuk meingkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Strategi penggunaan media pembelajaran tentunya sangat dinamis dan bervariatif. Strategi penggunaan media pembelajaran ini jadi salah satu inovasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Diantaranya penulis meneliti sejauh mana keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan media pembelajaran di SMPN 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Adapun tujuan dari penelitian ini, dimaksudkan untuk; 1), menganalisa strategi penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Mangunjaya, 2) menganalisa proses penerapan strategi menggunakan media pembelajaran di SMPN 1 Mangunjaya, 3) menganalisa faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi menggunakan media pembelajaran di SMPN 1 Mangunjaya, 4) menganalisa hasil penerapan strategi menggunakan media pembelajaran bagi peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Mangunjaya berdasarkan teori Behavioristik. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah kualitatif, dengan metoda penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ialah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMPN 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Strategi penggunaan media pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Mangunjaya menggunakan strategi yang variatif disesuaikan dengan karakter siswa, tujuan pembelajaran, bahan ajar, dan fasilitas medianya itu sendiri, 2) Proses penerapan strategi penggunaan media pembelajaran oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Mangunjaya ialah pembiasaan, suri tauladan, strategi kolaborasi, tutor sebaya dan aktif learning, 3) Faktor pendukung pemanfaatan media pembelajaran di SMPN 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran adalah adanya media visual sebagai alat bantu proses pembelajaran di kelas, sedangkan faktor penghambatnya yakni adanya keterbatasan fasilitas sekolah, 4) Hasil penerapan strategi menggunakan media pembelajaran oleh Guru PAI, bagi peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran cukup membawa keberhasilan dalam peningkatan antusias dan efektifitas belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Media Pembelajaran; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iana Rotul Hudah |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 01:07 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 01:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |