Mushaddiqan, Fikra (2024) Peer Counseling melalui dukungan sosial untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa: Penelitian pada siswa di SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (243kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan cara yang dapat ditempuh oleh seseorang untuk mengembangkan potensi sepenuhnya. Sekolah memiliki peran yang signifikan dalam perkembangan psikologis remaja, termasuk pembentukan dan pemeliharaan kepercayaan diri mereka. Siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah cenderung menunjukkan perilaku konformis untuk mendapatkan pengakuan, menyimpan rasa takut akan penolakan, dan kesulitan menerima realitas diri. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahu kondisi kepercayaan diri siswa di SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor, (2) mengetahui peer counseling melalui dukungan sosial di SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor, (3) mengetahui hasil dari peer counseling melalui dukungan sosial untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor. Penelitian ini berlandaskan teori Lauster mengenai indikator percaya diri dan teori peer counseling melalui dukungan sosial dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dengan menjalankan perannya, guru Bimbingan dan Konseling membantu siswa meningkatkan kepercayaan diri dengan kegiatan layanan konseling teman sebaya melalui dukungan sosial di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang didapatkan dari sumber data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan hasil yang mendalam terkait objek penelitian dan relevansinya dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan (1) kondisi percaya diri siswa di SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor memperlihatkan bahwa mereka mempunya rasa percaya diri yang rendah, merasa tidak didukung oleh lingkungan sekitar, sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, dan meragukan kemampuan terhadap dirinya sendiri, (2) Pendekatan konseling sebaya berperan penting dalam membantu siswa meningkatkan rasa percaya diri mereka, khususnya melalui dukungan sosial yang diberikan oleh teman sebaya., (3) hasil dari peer counseling melalui dukungan sosial untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami. Meskipun pelaksanaan peer counseling di SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor belum terorganisir secara formal, pendekatan ini terbukti mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peer counseling; dukungan sosial; kepercayaan diri |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Fikra Mushaddiqan Khairullah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:49 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |