Lubis, Atiqah Khairiyah (2025) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan deodoran dari ekstrak daun kemangi (Ocimum Basilicum L.) untuk mengembangkan kinerja ilmiah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pada pembelajaran abad ke-21, diperlukan pendekatan yang mampu meningkatkan motivasi, sikap ilmiah, dan kreativitas peserta didik. Salah satu pendekatan yang efektif adalah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan aktivitas peserta didik, mendeskripsikan perkembangan kinerja ilmiah peserta didik, serta menganalisis nilai produk deodoran yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one shot case study. Subjek penelitian ini adalah 26 orang peserta didik kelas XII MIA-4 MAS Ponpes Darul Qur’an Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas peserta didik pada penerapan pembelajaran berbasis proyek sebesar 92 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian terhadap keterampilan kinerja ilmiah peserta didik mendapat nilai rata-rata sebesar 95 dengan kategori sangat baik. Hasil nilai produk deodoran dari esktrak daun kemangi (Ocimum basilicum L.), berdasarkan uji organoleptik deodoran berwarna hijau, berbentuk padatan stick, beraroma apel dan sedikit beraroma kemangi, pH deodoran didapat sebesar 6 sesuai dengan standar SNI 16-4951-1998, dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Berdasarkan keterhubungan nilai aktivitas peserta didik, nilai perkembangan kinerja ilmiah peserta didik, dan nilai produk deodoran, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan deodoran dari ekstrak daun kemangi (Ocimum basilicum L.) dapat mengembangkan kemampuan kinerja ilmiah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | daun kemangi; deodoran; kinerja ilmiah; pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | atiqah khairiyah lubis |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:08 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |