Meningkatkan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri peserta didik melalui model inkuiri berbantuan media Diamond Touch

Afifah, Nada Zulfa Noer (2025) Meningkatkan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri peserta didik melalui model inkuiri berbantuan media Diamond Touch. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
bab II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
bab V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri peserta didik melalui penerapan model inkuiri berbantuan media Diamond Touch. Model inkuiri dipilih karena dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan media Diamond Touch memberikan pengalaman interaktif yang memfasilitasi kolaborasi dan pemahaman yang lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model inkuiri berbantuan media Diamond Touch dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman matematis, angket kepercayaan diri, dan observasi selama proses pembelajaran. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori konstruktivisme yang menekankan pada peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan serta teori self-efficacy yang berkaitan dengan keyakinan individu terhadap kemampuan diri. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan cara yang lebih interaktif dan memotivasi peserta didik untuk lebih percaya diri dalam mengatasi masalah matematis. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan model pembelajaran inovatif yang melibatkan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep; Kepercayaan Diri; Model Inkuiri; Diamond Touch
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nada Zulfa Noer Afifah
Date Deposited: 10 Feb 2025 01:11
Last Modified: 10 Feb 2025 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104172

Actions (login required)

View Item View Item