Purnama, Ahmad Dayu (2024) Komunikasi persuasif dalam pencegahan perundungan di lingkungan sekolah: Studi fenomenologi pada guru bimbingan konseling di SMKN 9 Kota Bandung, SMAN 21 Kota Bandung, MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_pernyataankeaslian (1).pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan, pengalama, dan pemaknaan komunikasi persuasif oleh Guru Bimbingan dan Konseling dalam upaya pencegahan perundungan di SMKN 9 Bandung, MAN 2 Bandung, dan SMAN 21 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru BK di ketiga sekolah tersebut mengadopsi berbagai strategi komunikasi persuasif, termasuk pendekatan personal, religius, dan kelompok. Di SMKN 9 Bandung, Guru BK menggunakan media visual seperti poster dan video edukatif serta menekankan pendekatan personal dan empati. Di MAN 2 Bandung, nilai-nilai religius diintegrasikan dalam komunikasi persuasif, dengan menggunakan ayat-ayat Al-Quran dan hadits untuk menekankan pentingnya saling menghormati. Di SMAN 21 Bandung, kombinasi sesi bimbingan individual dan kelompok digunakan untuk menangani masalah perundungan. Dari fokus penelitian terkait Bagaimana guru bimbingan konseling menerapkan komunikasi persuasif dalam upaya pencegahan Perundungan di lingkungan sekolah. Bagaimana pengalaman guru bimbingan konseling dalam menerapkan komunikasi persuasif dalam konteks pencegahan Perundungan di lingkungan sekolah. Dan Bagaimana guru bimbingan konseling memaknai komunikasi persuasif dalam Konteks pencegagan Perundungan di Lingkungan Sekolah. Guru BK melaporkan peningkatan kesadaran siswa tentang dampak negatif perundungan dan peningkatan dalam pelaporan kasus perundungan setelah penerapan komunikasi persuasif. Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu dan jumlah siswa yang banyak, serta kesulitan dalam mengubah sikap siswa yang sudah terlibat dalam perundungan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas Guru BK, pendekatan holistik yang menggabungkan berbagai strategi komunikasi, dan partisipasi aktif siswa merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pencegahan perundungan. Saran yang diberikan termasuk peningkatan pelatihan keterampilan sosial bagi siswa, pelibatan orang tua secara lebih aktif, dan pengembangan program-program berbasis nilai-nilai religius dan moral untuk memperkuat pesan anti-perundungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Persuasif; Pencegahan Perundungan; Guru BK |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Islam > Da'wah Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ahmad Dayu Purnama |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:01 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |