Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan literasi nutrisi dan kreativitas peserta didik pada materi sistem pencernaan di MTsN 3 Subang

Nurdin, Dian Kusmawati (2025) Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan literasi nutrisi dan kreativitas peserta didik pada materi sistem pencernaan di MTsN 3 Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_daftar isi.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (Lampiran)
10_lampiran (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Literasi nutrisi peserta didik penting untuk mendukung kemampuan mereka dalam memilih makanan sehat, terutama setelah mempelajari materi sistem pencernaan yang berperan dalam memahami kaitan antara pola makan dan Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan poster kampanye makanan sehat terhadap literasi nutrisi dan kreativitas pembuatan produk peserta didik di MTsN 3 Subang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel terdiri dari 56 peserta didik, masing-masing 28 siswa dalam kelas eksperimen dan kontrol, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk literasi nutrisi, rubrik kreativitas untuk mengidentifikasi kreativitas pembuatan produk, serta angket untuk sikap terhadap pemilihan makanan dan respon terhadap pembelajaran berbasis proyek. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan persentase ketercapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan literasi nutrisi peserta didik dengan nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,66 (kategori sedang) dan kelas kontrol 0,50 (kategori sedang). Kreativitas peserta didik dalam membuat produk berupa poster di kelas eksperimen mencapai 90% (kategori unggul), sementara kelas kontrol sebesar 73% (kategori muncul). Sikap terhadap pemilihan makanan sehat juga lebih baik pada kelas eksperimen dengan persentase 89% (kategori sangat kuat) dibandingkan kelas kontrol sebesar 79,1% (kategori kuat). Respon peserta didik terhadap Pembelajaran berbasis proyek sangat positif. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengeksplorasi penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan media visual lainnya, seperti video atau animasi, untuk meningkatkan literasi nutrisi dan kreativitas. Selain itu, penelitian dapat diperluas dengan menambahkan variable lain, seperti pengaruh lingkungan sosial terhadap pemilihan makanan. Kata kunci: Kreativitas, Literasi Nutrisi, Makanan Sehat, Pembelajaran berbasis proyek, Sistem Pencernaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas: Literasi Nutrisi: Makanan Sehat: Pembelajaran berbasis proyek: Sistem Pencernaan.
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Kusmawati Dian Nurdin
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:53
Last Modified: 14 Feb 2025 08:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104329

Actions (login required)

View Item View Item