Wildan, Muhamad Abizar (2024) Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VI MIS Al-Azhar Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
0. Cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat membaca pada siswa di MIS Al-Azhar. Oleh karena itu, sebagai salah satu solusi yang dilakukan oleh MIS Al-Azhar, untuk meningkatkan minat membaca maka diterapkanlah program Gerakan Literasi Sekolah sejak tahun 2023. Akan tetapi, pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) belum dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang ada yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh gerakan literasi sekolah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VI MIS Al-Azhar. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 3) Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VI MIS Al-Azhar Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan program Gerakan Literasi Sekolah dan mengetahui keterampilan membaca siswa kelas VI MIS Al-Azhar Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas VI di MIS Al-Azhar Kabupaten Bandung berjumlah 42 orang. Tekniki pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisi data yang digunakan yaitu; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengaruh gerakan literasi sekolah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VI MIS Al-Azhar berkategori positif dengan nilai rata – rata 3,80 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berkategori sangat baik dengan rata – rata 84,78 yang berada pada interval 80 – 100. 3) Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VI MIS Al-Azhar Kabupaten Bandung berkategori kuat dengan nilai rata – rata 0,65 yang berada pada interval 0,60-0,79. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 42% dan sisanya 58% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis thitung 7,06 > ttabel 2,02. Maka dapat disimpulkan H1 diterima. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan hasil penelitiani diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pelaksanaan gerakan literasi sekolah dengan hasil beajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di MIS Al-Azhar Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2023/2024. Artinya semakin baik pelaksanaan gerakan literasi sekolahnya maka akan semakin positif dengan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Gerakan Literasi Sekolah, Hasil Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Abizar Wildan |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:34 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |