Oktavianti, Chessi (2024) Omotenashi dalam perspektif hadis (Metode Living Hadis). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (544kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
Abstract
Omotenashi merupakan pelayan kepada customer berdasarkan spirit dan budaya Jepang. Omotenashi secara nyata nampak dalam layanan yang diberikan oleh ryokan, yaitu penginapan tradisional Jepang. Dalam kacamata agama, orang muslim beriman mempunyai kewajiban memuliakan tamu, menghormatinya dengan penghormatan yang semestinya, karena hal-hal tersebut sesuai dengan syari’at Islam. Sebab dengan saling menghormati, maka akan tercipta suatu keharmonisan antara seorang tamu dan tuan rumah Tujuan penelitian ini untuk menemukan kesamaan nilai-nilai antar omotenashi dengan ajaran islam serta menemukan relevansinya dalam konteks sosial dan budaya kontemporer dan dapat memahami budaya omotenashi dari perspektif hadis dan menemukan hadis-hadis yang relevan dengan prinsip pelayanan dari omotenashi. Dalam Islam, pelayanan kepada tamu dianggap sebagai amal ibadah yang dilakukan dengan niat ikhlas untuk mencari ridha Allah, serta mencakup aspek etika, spiritual, dan emosional. Penelitian ini menganalisis hadis-hadis yang berkaitan dengan pelayanan dengan berfokus pada keramahan tulus dan perhatian terhadap tamu, berakar dari nilai-nilai budaya Jepang yang mengutamakan keharmonisan dan kesopanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (library research) untuk mendeskripsikan data dan hasil analisis secara mendalam. Berfokus pada pandangan hadis mengenai metode pelayanan terhadap tamu. Dengan fokus utama omotenashi dengan perspektif hadis terkait bentuk pelayanan terhadap tamu. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah hadis Nabi SAW mengenai cara memuliakan, menghormatinya dengan sungguh-sungguh, melakukan pelayanan dengan niat yang ikhlas dengan tidak melebih-lebihkan, hingga memberi perhatian terhadap kebutuhan tamu. Hadis Nabi mengajarkan konsep serupa dengan memberikan dasar spiritual yang lebih kuat dalam meberikan sebuah pelayanan kepada sesama dalam melayani
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Omotenashi; Hadis; Pelayanan; Budaya Jepang; Etika Pelayanan; Keramahan |
Subjects: | Islam > Al-Bukkhari Islam > Islam and Philosophy Household Management and Personal Life > Housekeeping |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits |
Depositing User: | Chessi Oktavianti |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 08:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 08:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |