Penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui strategi Teaching and Learning Trajectory pada analisis zat aditif untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis siswa: Penelitian di MTs Plus Darul Hufadz Sumedang

Saripah, Ipat Pitriani (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui strategi Teaching and Learning Trajectory pada analisis zat aditif untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis siswa: Penelitian di MTs Plus Darul Hufadz Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN TESIS IPAT PITRIANI SARIPAH _Hal-91-257 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Pendidikan di era globalisasi menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir kritis dan literasi halal, terutama dalam memahami zat aditif pada makanan. Namun, banyak siswa masih kesulitan menghubungkan konsep zat aditif dengan aspek kehalalan suatu produk. Selain itu, metode pembelajaran konvensional belum efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait kedua aspek tersebut. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran yang lebih interaktif diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian dalam penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) melalui strategi Teaching and Learning Trajectory (TLT) pada materi analisis zat aditif, menganalisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Student Activity Sheet (SAS), mengevaluasi peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mengidentifikasi hubungan antara keterlaksanaan pembelajaran dengan kedua aspek tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas VIII MTs Plus Darul Hufadz Jatinangor, Sumedang, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui validasi instrumen, SAS, serta pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen PBM berbasis TLT memiliki validitas tinggi (96,3%) dan keterlaksanaan pembelajaran tergolong efektif (72,1%). Peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis masing-masing berada dalam kategori sedang dengan n-gain 0,64 dan 0,59. Analisis korelasi menunjukkan hubungan signifikan antara PBM berbasis TLT dengan keterampilan berpikir kritis (r = 0,339; p = 0,043), namun tidak dengan literasi halal. Dengan demikian, PBM berbasis TLT efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, meskipun dampaknya terhadap literasi halal masih terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Teaching and Learning Trajectory (TLT); Literasi Halal; Keterampilan Berpikir Kritis Analisis Zat Aditif
Subjects: Christianity > Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Pitriani Saripah Ipat
Date Deposited: 18 Feb 2025 04:28
Last Modified: 18 Feb 2025 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104446

Actions (login required)

View Item View Item