Saripah, Ipat Pitriani (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui strategi Teaching and Learning Trajectory pada analisis zat aditif untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis siswa: Penelitian di MTs Plus Darul Hufadz Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (512kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN TESIS IPAT PITRIANI SARIPAH _Hal-91-257 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Pendidikan di era globalisasi menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir kritis dan literasi halal, terutama dalam memahami zat aditif pada makanan. Namun, banyak siswa masih kesulitan menghubungkan konsep zat aditif dengan aspek kehalalan suatu produk. Selain itu, metode pembelajaran konvensional belum efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait kedua aspek tersebut. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran yang lebih interaktif diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian dalam penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) melalui strategi Teaching and Learning Trajectory (TLT) pada materi analisis zat aditif, menganalisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Student Activity Sheet (SAS), mengevaluasi peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mengidentifikasi hubungan antara keterlaksanaan pembelajaran dengan kedua aspek tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas VIII MTs Plus Darul Hufadz Jatinangor, Sumedang, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui validasi instrumen, SAS, serta pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen PBM berbasis TLT memiliki validitas tinggi (96,3%) dan keterlaksanaan pembelajaran tergolong efektif (72,1%). Peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis masing-masing berada dalam kategori sedang dengan n-gain 0,64 dan 0,59. Analisis korelasi menunjukkan hubungan signifikan antara PBM berbasis TLT dengan keterampilan berpikir kritis (r = 0,339; p = 0,043), namun tidak dengan literasi halal. Dengan demikian, PBM berbasis TLT efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, meskipun dampaknya terhadap literasi halal masih terbatas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Teaching and Learning Trajectory (TLT); Literasi Halal; Keterampilan Berpikir Kritis Analisis Zat Aditif |
Subjects: | Christianity > Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Pitriani Saripah Ipat |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 04:28 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 04:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |