Meilianawati, Sabila (2024) Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_keteranganbebasplagiarism.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (484kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_ lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis di SMA Negeri 1 Bungursari masih rendah. Penggunaan model yang tepat salah satunya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dinilai dapat melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian ini yaitu quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STAD dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, serta angket respon. Data hasil keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Mann Whitney yang dibantu dengan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru guru sebesar 97% dan keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen meningkat dilihat dari nilai N-Gain 0,44 dengan kategori sedang dan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi dan memiliki respon dari peserta didik sebesar 83,57% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis; STAD; Sistem ekskresi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sabila Meilianawati |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:15 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |