Masruroh, Siti (2025) Pengembangan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum melalui implementasi manajemen kurikulum Outcome Based Education: Penelitian di Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi umum (PTU) di Indonesia masih menghadapi tantangan besar. Salah satunya adalah metode pengajaran yang masih berpusat pada dosen (lecturer- centered) serta pandangan yang menganggap PAI sebagai pelengkap kurikulum. Peran PAI penting dalam pembentukan karakter mahasiswa, namun materi yang diajarkan sering kali kurang relevan dengan dunia kerja dan perkembangan modernitas. Maka, penerapan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) di PTU menjadi penting untuk meningkatkan mutu PAI agar memiliki nilai guna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan menjawab beberapa permasalahan utama, yaitu bagaimana desain kurikulum OBE diterapkan dalam pengembangan mutu PAI di Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Selain itu, penelitian juga mengkaji pelaksanaan kurikulum OBE, proses evaluasi mutu, keberhasilan kurikulum dalam pengembangan mutu PAI, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan OBE di PTU. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan tujuan memperoleh pemahaman mendalam dan holistik tentang fenomena dalam situasi alami, di mana peneliti berperan sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Kerangka berpikir pada penelitian ini menggunakan 3 ( tiga) teori sebagai alat analisis pemecahan maslah yaitu grand theory pengembangan mutu pembelajaran PAI di PTU middle teory manajemen kurikulum OBE Applied theory Pembelajaran PAI di PTU. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum OBE di FKIP dan Fakultas Teknik UNSIKA dapat meningkatkan mutu pembelajaran PAI dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam konteks teknis dan sosial. Evaluasi kurikulum secara berkesinambungan memungkinkan adaptasi materi yang lebih relevan terhadap kebutuhan dunia kerja. Faktor pendukung utama meliputi kualitas dosen dan dukungan teknologi, sementara hambatan seperti keterbatasan waktu dan penyesuaian materi menjadi tantangan. Hasil penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan dosen dan evaluasi kurikulum berkala untuk keberlanjutan pengembangan mutu PAI di PTU.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu; Pendidikan Agama Islam; OBE |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Curricula > Curriculum Development |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Masruroh |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 07:19 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 07:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |