Pengembangan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum melalui implementasi manajemen kurikulum Outcome Based Education: Penelitian di Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang

Masruroh, Siti (2025) Pengembangan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum melalui implementasi manajemen kurikulum Outcome Based Education: Penelitian di Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi umum (PTU) di Indonesia masih menghadapi tantangan besar. Salah satunya adalah metode pengajaran yang masih berpusat pada dosen (lecturer- centered) serta pandangan yang menganggap PAI sebagai pelengkap kurikulum. Peran PAI penting dalam pembentukan karakter mahasiswa, namun materi yang diajarkan sering kali kurang relevan dengan dunia kerja dan perkembangan modernitas. Maka, penerapan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) di PTU menjadi penting untuk meningkatkan mutu PAI agar memiliki nilai guna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan menjawab beberapa permasalahan utama, yaitu bagaimana desain kurikulum OBE diterapkan dalam pengembangan mutu PAI di Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Selain itu, penelitian juga mengkaji pelaksanaan kurikulum OBE, proses evaluasi mutu, keberhasilan kurikulum dalam pengembangan mutu PAI, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan OBE di PTU. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan tujuan memperoleh pemahaman mendalam dan holistik tentang fenomena dalam situasi alami, di mana peneliti berperan sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Kerangka berpikir pada penelitian ini menggunakan 3 ( tiga) teori sebagai alat analisis pemecahan maslah yaitu grand theory pengembangan mutu pembelajaran PAI di PTU middle teory manajemen kurikulum OBE Applied theory Pembelajaran PAI di PTU. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum OBE di FKIP dan Fakultas Teknik UNSIKA dapat meningkatkan mutu pembelajaran PAI dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam konteks teknis dan sosial. Evaluasi kurikulum secara berkesinambungan memungkinkan adaptasi materi yang lebih relevan terhadap kebutuhan dunia kerja. Faktor pendukung utama meliputi kualitas dosen dan dukungan teknologi, sementara hambatan seperti keterbatasan waktu dan penyesuaian materi menjadi tantangan. Hasil penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan dosen dan evaluasi kurikulum berkala untuk keberlanjutan pengembangan mutu PAI di PTU.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Mutu; Pendidikan Agama Islam; OBE
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Curricula > Curriculum Development
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Masruroh
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:19
Last Modified: 18 Feb 2025 07:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104463

Actions (login required)

View Item View Item