Gustiar, Kinanti (2025) Kualitas pelayanan bimbingan ibadah haji di KBIHU Bina Insan Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (432kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan jumlah jemaah haji di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan setiap tahunnya, termasuk di Kabupaten Sumedang. Kondisi ini menuntut peningkatan kualitas pelayanan bimbingan ibadah haji yang diselenggarakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), salah satunya KBIHU Bina Insan Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan bimbingan yang disediakan oleh KBIHU Bina Insan Sumedang dalam mempersiapkan calon jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadah sesuai tuntunan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan bimbingan ibadah haji melalui Model ServQual yang terdiri dari lima dimensi: bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), dan empati (empathy). Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi persepsi dan pengalaman calon jemaah haji terhadap kualitas layanan. Hasil analisis berdasarkan Model ServQual menunjukkan bahwa KBIHU Bina Insan Sumedang telah memberikan pelayanan yang baik dan terus berupaya meningkatkan kualitasnya agar tetap relevan dengan perkembangan kebutuhan dan dinamika zaman dalam memberikan bimbingan ibadah haji kepada jemaah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Haji; Ibadah Haji; KBIHU; Kualitas Pelayanan; Model ServQual |
Subjects: | Public Administration > Public Administration in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Kinanti Gustiar |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:16 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |