Kualitas pelayanan bimbingan ibadah haji di KBIHU Bina Insan Sumedang

Gustiar, Kinanti (2025) Kualitas pelayanan bimbingan ibadah haji di KBIHU Bina Insan Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan jumlah jemaah haji di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan setiap tahunnya, termasuk di Kabupaten Sumedang. Kondisi ini menuntut peningkatan kualitas pelayanan bimbingan ibadah haji yang diselenggarakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), salah satunya KBIHU Bina Insan Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan bimbingan yang disediakan oleh KBIHU Bina Insan Sumedang dalam mempersiapkan calon jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadah sesuai tuntunan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan bimbingan ibadah haji melalui Model ServQual yang terdiri dari lima dimensi: bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), dan empati (empathy). Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi persepsi dan pengalaman calon jemaah haji terhadap kualitas layanan. Hasil analisis berdasarkan Model ServQual menunjukkan bahwa KBIHU Bina Insan Sumedang telah memberikan pelayanan yang baik dan terus berupaya meningkatkan kualitasnya agar tetap relevan dengan perkembangan kebutuhan dan dinamika zaman dalam memberikan bimbingan ibadah haji kepada jemaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Haji; Ibadah Haji; KBIHU; Kualitas Pelayanan; Model ServQual
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Kinanti Gustiar
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:16
Last Modified: 20 Feb 2025 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104521

Actions (login required)

View Item View Item