Rojaba, Rezka (2023) Tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik Giveaway sebagai promosi Online Shop di Instagram : Studi Kasus di Akun Instagram @socku.fuku. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.daftar isi.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.bab1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5.bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6.bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7.bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
Abstract
Hadiah merupakan suatu akad pemberian yaitu hak milik seseorang diberikan kepada orang lain di waktu ia masih hidup tanpa mengharapkan suatu imbalan dan balas jasa apapun. Hadiah merupakan salah satu bentuk dari hibah, sehingga memiliki pengertian atau makna yang hampir sama. Pada zaman modern seperti ini banyak pedagang online shop yang mempromosikan produk mereka melalui media sosial. Salah satunya dengan mengadakan giveaway sebagai salah satu cara mempromosikan produk mereka. Akun Instagram @socku.fuku salah satu pedagang online yang melaksanakan giveaway sebagai promosi online shop. Untuk mengikuti giveaway ini para peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk, 1) Untuk mengetahui praktik giveaway sebagai promosi online shop di Instagram @socku.fuku. 2) Untuk mengetahui tinjauan fiqh muamalah terhadap ketentuan praktik giveaway sebagai promosi online shop di Instagram @socku.fuku. Kerangka penilitian ini adalah fiqh muamalah dibagi menjadi dua yaitu muamalah al Adabiyah dan muamalah al Madiniyah/Maliyah. Diantara akad muamalah yaitu Akad Ju’alah (sayembara) termasuk kedalam fiqh muamalah al-Madiniyah/Maliyah. Secara Bahasa Akad Ju’alah adalah janji untuk memberikan imbalan kepada pihak lain apabila berhasil mencapai tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah buku-buku, skripsi terdahulu, jurnal dan website yang berkaitan dengan judul peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan, menghubungkan data, menganalisis data dan memberi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik pemberian giveaway pada akun Instagram @socku.fuku, terdapat syarat yang diharuskan yakni mengikuti akun Instagram @socku.fuku, menyukai, komen berisi pantun, tag/mention 3 orang, dan Instagram tidak di private. Serta syarat yang diajukan kepada pemenang yang terpilih dimana untuk pemberian hadiah diharuskan membayar ongkos kirim ke alamat masing-masing pemenang. Dalam perspektif fiqh muamalah, praktik giveaway semacam ini merupakan praktik pemberian hadiah yang sah selama kedua belah pihak menyatakan kerelaan atau keridhaannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | tidak ada lampiran |
Uncontrolled Keywords: | Fiqh Muamalah; Give Away; Online Shop; Instagram |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | rezka rojaba |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:42 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |