Tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik Giveaway sebagai promosi Online Shop di Instagram : Studi Kasus di Akun Instagram @socku.fuku

Rojaba, Rezka (2023) Tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik Giveaway sebagai promosi Online Shop di Instagram : Studi Kasus di Akun Instagram @socku.fuku. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.daftar isi.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB III)
6.bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB IV)
7.bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Hadiah merupakan suatu akad pemberian yaitu hak milik seseorang diberikan kepada orang lain di waktu ia masih hidup tanpa mengharapkan suatu imbalan dan balas jasa apapun. Hadiah merupakan salah satu bentuk dari hibah, sehingga memiliki pengertian atau makna yang hampir sama. Pada zaman modern seperti ini banyak pedagang online shop yang mempromosikan produk mereka melalui media sosial. Salah satunya dengan mengadakan giveaway sebagai salah satu cara mempromosikan produk mereka. Akun Instagram @socku.fuku salah satu pedagang online yang melaksanakan giveaway sebagai promosi online shop. Untuk mengikuti giveaway ini para peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk, 1) Untuk mengetahui praktik giveaway sebagai promosi online shop di Instagram @socku.fuku. 2) Untuk mengetahui tinjauan fiqh muamalah terhadap ketentuan praktik giveaway sebagai promosi online shop di Instagram @socku.fuku. Kerangka penilitian ini adalah fiqh muamalah dibagi menjadi dua yaitu muamalah al Adabiyah dan muamalah al Madiniyah/Maliyah. Diantara akad muamalah yaitu Akad Ju’alah (sayembara) termasuk kedalam fiqh muamalah al-Madiniyah/Maliyah. Secara Bahasa Akad Ju’alah adalah janji untuk memberikan imbalan kepada pihak lain apabila berhasil mencapai tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah buku-buku, skripsi terdahulu, jurnal dan website yang berkaitan dengan judul peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan, menghubungkan data, menganalisis data dan memberi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik pemberian giveaway pada akun Instagram @socku.fuku, terdapat syarat yang diharuskan yakni mengikuti akun Instagram @socku.fuku, menyukai, komen berisi pantun, tag/mention 3 orang, dan Instagram tidak di private. Serta syarat yang diajukan kepada pemenang yang terpilih dimana untuk pemberian hadiah diharuskan membayar ongkos kirim ke alamat masing-masing pemenang. Dalam perspektif fiqh muamalah, praktik giveaway semacam ini merupakan praktik pemberian hadiah yang sah selama kedua belah pihak menyatakan kerelaan atau keridhaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada lampiran
Uncontrolled Keywords: Fiqh Muamalah; Give Away; Online Shop; Instagram
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rezka rojaba
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:42
Last Modified: 20 Feb 2025 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104537

Actions (login required)

View Item View Item