Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak

Rachma, Salma Raudya (2025) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKD)
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kesulitan dalam memahami konsep dasar pada materi pembelajaran dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa, proses pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai islam dilakukan dengan mengaitkan materi yang berlandaskan nilai-nilai islam serta menuangkan ayat Al-Qur’an atau hadist. Tujuan dari penelitian ini yaitu melalui pembelajaran model Two Stay Two Stray terintegrasi islam siswa mampu menganalisis hubungan struktur komponen sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan yang dapat terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan one group pretest posttest design. Hasil penelitian pada keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa 96% dengan kategori baik. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk nilai signifikansi lebih dari 0,05 data berdistribusi normal dan uji T Paired Sample test memperoleh nilai Sig. 0,000<0,05 bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan peningkatan hasil belajar (paired) sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran model Two Stay Two Stray Terintegrasi nilai-nilai keislaman memperoleh nilai 76,6% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan pembelajaran materi sistem gerak dengan model Two Stay Two Stray terintegrasi nilai-nilai keislaman dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Nilai-nilai keislaman; Two Stay Two Stray
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Salma Raudya
Date Deposited: 24 Feb 2025 04:30
Last Modified: 24 Feb 2025 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104681

Actions (login required)

View Item View Item