Mayasari, Annisa (2025) Sistem informasi manajemen akademik berbasis E-learning dalam menjamin mutu pembelajaran: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIAT)
3 keterangan plagiat.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4 daftar isi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5 bab I.pdf Download (449kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6 bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7 bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8 bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9 bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11 lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keberadaan dan peran teknologi informasi telah membawa era baru dalam perkembangan pendidikan, namun belum diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia. Kondisi tersebut mendorong perubahan-perubahan dalam berbagai aspek untuk melakukan percepatan perbaikan guna mencapai tujuan pendidikan yang bermutu. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan, Faktor Pendukung dan Penghambat serta Dampak sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis e-learning di MAN 1 dan 2 Kota Bandung. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem informasi manajemen akademik yang berbasis e-learning dalam menjamin mutu pembelajaran di MAN dan MAN 2 Kota Bandung. Sistem informasi manajemen akademik berbasis e-learning memungkinkan masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkait madrasah tidak perlu datang ke madrasah. Sistem informasi manajemen akademik diharapkan dapat membantu pihak guru dan pihak peserta didik dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan nilai dan administrasi lainnya. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif analisis untuk mengungkap bagaimana e-learning diintegrasikan dalam pengelolaan akademik dan pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi terhadap proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru dan staf manajemen, dan dokumentasi. Serta analisis dokumen terkait kebijakan dan pelaksanaan e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis e-learning di MAN 1 dan 2 Kota Bandung mengacu pada kebijakan e-learning, Visi dan Misi Madrasah, Penyusunan Perencanaan, Strategi pencapaian pembelajaran, dan Indikator ketercapaian pembelajaran. 2) Pengorganisasian Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis e-learning di MAN 1 dan 2 Kota Bandung meliputi Struktur Organisasi, Tugas dan Fungsi Personalia, Koordinasi Tugas dan Wewenang. 3) Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis e-learning MAN 1 dan 2 Kota Bandung dengan melaksanakan Pelaksanaan Tahapan, Tujuan, Isi, Penerapan dan Pengawasan Kebijakan. 4) Pengawasan Sistem Informasi Manajemen Akademik berbasis e-learning MAN 1 dan 2 Kota Bandung dilakukan secara berkala melalui Metode, Pelaksanaan dan Tindak Lanjut dari Pengawasan. 5) Faktor Pendukung dan Penghambat Sistem Informasi Manajemen Akademik berbasis e-learning MAN 1 dan 2 Kota Bandung diantaranya faktor pendukung internal dan faktor penghambat 6) Dampak Sistem Informasi Manajemen Akademik berbasis e-learning dalam menjamin mutu pembelajaran menunjukan bahwa MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung telah berhasil mengintegrasikan sistem informasi manajemen berbasis e-learning melalui pengelolaan jadwal pembelajaran, penilaian hasil belajar, penyampaian materi ajar dan pelaporan akademik, hal menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi sarana yang efektif untuk menciptakan pendidikan yang lebih berkualitas, efisien, dan relevan di era digital.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi; E-learning; Mutu Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Annisa Mayasari |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:53 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |