Hubungan antara kegiatan bermain maze geometri dengan kecerdasan visual spasial anak usia dini: Penelitian di kelompok B1 RA Amal Bakti Cipadung Kota Bandung

Tania, Nabilla (2024) Hubungan antara kegiatan bermain maze geometri dengan kecerdasan visual spasial anak usia dini: Penelitian di kelompok B1 RA Amal Bakti Cipadung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara tingginya kegiatan bermain maze geometri dengan rendahnya kecerdasan visual spasial pada anak di Kelompok B1 RA Amal Bakti Cipadung Kota Bandung. Di satu sisi, anak antusias bermain maze geometri serta mampu memecahkan masalah dengan memilih jalan keluar yang tepat dan mengelompokkan sesuai bentuk geometrinya. Tetapi di sisi lain kurang dalam kecerdasan visual spasial. Anak terlihat kesulitan memahami gambar dan mencipta suatu bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) realitas kegiatan bermain maze geometri di Kelompok B1 RA Amal Bakti Cipadung Kota Bandung; (2) realitas kecerdasan visual spasial anak usia dini di Kelompok B1 RA Amal bakti Cipadung Kota Bandung; (3) hubungan antara kegiatan bermain maze geometri dengan kecerdasan visual spasial anak usia dini di Kelompok B1 RA Amal Bakti Cipadung Kota Bandung. Kecerdasan visual spasial dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kegiatan bermain maze geometri. Melalui kegiatan bermain maze geometri, anak menggunakan kecerdasan visual spasial sehingga mampu menerjemahkan bentuk gambaran melalui pikirannya untuk memecahkan masalah dalam permainan. Berdasarkan asumsi teori dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi kegiatan bermain maze geometri maka semakin tinggi pula kecerdasan visual spasial anak usia dini, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah kelompok B1 RA Amal Bakti Cipadung Kota Bandung yang terdiri dari 15 reseponden. Penentuan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi berupa tulisan dan foto yang relevan dengan penelitian. Hasil analisis data disimpulkan bahwa kegiatan bermain maze geometri memperoleh nilai rata-rata 87. Angka ini berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 80. Angka ini berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara kegiatan bermain maze geometri dengan kecerdasan visual spasial anak usia dini memperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,89. Angka koefesien korelasi ini berada pada interval 0,800-1,000 dengan kategori sangat kuat. Hasil uji signifikansi menunjukkan t hitung = 7,04 > t tabel = 1,77. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak, yang berarti kegiatan bermain maze geometri memiliki hubungan yang signifikan dengan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Adapun kontribusi kegiatan bermain maze geometri terhadap kecerdasan visual spasial anak usia dini sebesar 79%. Artinya, masih ada 21% faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan visual spasial anak usia dini di Kelompok B1 RA Amal Bakti Cipadung Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nabilla Tania
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:21
Last Modified: 25 Feb 2025 03:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104691

Actions (login required)

View Item View Item