Hubungan sikap siswa dengan pengetahuan pada materi pokok sistem pencernaan dan makanan melalui pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL)

Mubarokah, Rahayu (2010) Hubungan sikap siswa dengan pengetahuan pada materi pokok sistem pencernaan dan makanan melalui pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Pada pembelajaran IPA khususnya Biologi hasil belajar siswa yang diharapkan dapat menghubungkan atara pengetahuan dan sikap pada kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi terlebih dahulu disekolah yang telah diteiliti sebelumnya penyampaian materi biologi termasuk materi pokok sistem pencernaan dan makanan disampaikan melalui metode ceramah. Sehingga siswa kurang terlibat dan tidak produktif dalam belajar. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui bagiamana pengetahuan dan sikap siswa pada materi pokok sistem pencernaan dan makanan melalui pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL). Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi bekal dalam proses belajar mengajar khususnya untuk peneliti, guru, sekolah dan dapat memberikan pengetahuan pada siswa pada materi pokok sistem pencernaan dan makanan. Belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan. Thursan Hakim :2000: 1) sedangkan sikap adalah gejala internal yang berdimensi afektif berupa kecendrungan untuk mereaksi atau merespon dengan cara yang relatife tetap terhadap objek orang, barang dan sebagainya baik secara positif maupun negative (Muhibin syah : 2004 : 135). Pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL) membantu guru mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas : 2003 ; 5). Materi pokok system pencernaan pada dasarnya mempelajari makanan yang dicerna menjadi energi dan nutrient oleh organ pencernaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa pada materi pokok sistem pencernaan dan makanan melalui pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL) sebesar 57,9% yang katagorikan tinggi dengan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran tersebut bernilai 43,2% yang dikatagorikan tinggi. Sedangkan hasil analisis korelasi sebesar 0,61 yang berarti sedang (Anas Sudjiono ; 1994 ; 80). Hal itu berarti ada hubungan antara sikap siswa dengan pengetahuan pada materi pokok sistem pencernaan dan makanan melalui pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL) sebesar 21% Artinya semakin tinggi sikap siswa akan tinggi pula pengetahuanya pada materi pokok sistem pencernaan dan makanan melalui pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pencernaan makanan; CTL;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:32
Last Modified: 12 Nov 2018 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item