Strategi Jurnalisme Online pada media sosial Tiktok @InfoBandungKota

Dewanti, Sinta (2025) Strategi Jurnalisme Online pada media sosial Tiktok @InfoBandungKota. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (19).pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism (2).pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi (1).pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1 (1).pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi melahrikan praktik baru dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalisme online. Jurnalisme online adalah kegiatan jurnalistik yang dilakukan melalui internet. Pada praktik jurnalisme online, beberapa perusahaan pers terus berusaha menggaet generasi muda untuk meregenerasi konsumen yang menjadi audiens beritanya, salah satu caranya dengan menggunakan media sosial. Tiktok menjadi salah satu alternatif untuk melakukan jurnalisme online. Info Bandung Kota adalah salah satu perusahaan media online di Kota Bandung yang aktif di berbagai media sosial salah satunya di platform TikTok. Konten-konten pada akun tiktok @infobandungkota selalu mendapatkan ratusan ribu tayangan, bahkan beberapa diantaranya mencapai jutaan hingga puluhan juta tayangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap strategi jurnalisme online di tiktok Info Bandung Kota dengan prinsip BASIC yang dikemukakan oleh Paul Bradshaw, yaitu brevity, adaptability, scannability, interaktivitas, dan community and conversation. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif, dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, obervasi pastisipatorif pasif, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi jurnalisme online pada tiktok @infobandungkota meliputi: Pertama, strategi untuk meringkas berita melalui peringkasan durasi dan penulisan caption. Kedua, strategi untuk beradaptasi menggunakan Bahasa dan pemilihan jenis musik yang disesuaikan dengan karakteristik audiens. Ketiga, strategi agar dapat dipindai dilakukan dengan menggunakan judul dan footage awal yang menarik, serta penggunaan hastag yang sesuai dengan isi berita. Keempat strategi untuk meningkatkan interaksi menggunakan pemanfaatan peristiwa yang viral dan konten-konten diluar jurnalisme yang berpengaruh kepada konten jurnalistik. Kelima strategi untuk menciptakan komunitas dan percakapan dengan pemanfaatan forum khusus, fitur tiktok, dan membalas komentar audiens.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Online; Media Sosial; Tiktok; Info Bandung Kota
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sinta Dewanti
Date Deposited: 26 Feb 2025 06:51
Last Modified: 27 Feb 2025 03:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104889

Actions (login required)

View Item View Item