Sabila, Fathina Khonsa (2025) Pengaruh penggunaan metode Phonic Song terhadap kemampuan mengenal huruf Abjad anak usia dini : Penelitian quasi eksperimental di kelompok A1 dan A2 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Skripsi.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal bahwa di Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung perkembangan bahasa anak masih rendah terutama kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad. Hal ini terbukti anak masih kesulitan menyebutkan bentuk dan bunyi huruf. Kesulitan ini dapat mempengaruhi kesiapan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan dan perkembangan selanjutnya. Dengan permasalahan ini maka penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode phonic song terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini di Kelompok A1 dan A2 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini melalui metode phonic song (kelas eksperimen) di Kelompok A1 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung, (2) Kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini melalui metode demonstrasi (kelas kontrol) di Kelompok A2 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung dan (3) Perbandingan kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini antara metode phonic song dengan metode demonstrasi Kelompok A RA Al- Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Kemampuan mengenal huruf abjad adalah kemampuan untuk mengetahui dan memahami ciri-ciri huruf abjad, seperti bentuk, bunyi, dan cara pelafalannya. Mengenal huruf abjad merupakan tahap awal bagi anak sebelum belajar membaca dan berkomunikasi dengan orang lain. Metode phonic song menjadi metode yang efektif untuk membantu anak usia dini dalam mengenal huruf abjad dengan cara yang menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Responden pada penelitian ini berjumlah 20 anak, 10 anak kelas A1 sebagai kelas eksperimen dan 10 anak kelas A2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini sebelum diberi treatment menggunakan metode phonic song diperoleh nilai rata-rata 67 dengan kriteria cukup dan sesudah diberikan treatment menggunakan metode phonic song diperoleh nilai rata-rata 74 dengan kriteria baik. Sedangkan kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini sebelum diberi treatment menggunakan metode demonstrasi diperoleh nilai rata-rata 66 dengan kritari cukup dan sesudah diberikan treatment menggunakan metode demonstrasi diperoleh nilai rata-rata 69 dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung 0,508 ˂ ttabel 2,101. Dengan demikian hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan metode phonic song terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini di Kelompok A RA Al- Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode phonic song; kemampuan mengenal huruf abjad; pendidikan Islam anak usia dini |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Fathina Khonsa Sabila |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:56 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |