Putri, Sahnaz Nurfadilah (2025) Pengaruh penerapan Affirmation Relaxation Method terhadap stres akademik siswa : Penelitian di SMA Daarul Amanah Rajagaluh, Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT KETERANGAN PLAGIARISM)
LEMBAR PENGECEKAN SIMILIARTY SKRIPSI BKI.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) | Request a copy |
Abstract
SMA Daarul Amanah menjadi salah satu sekolah yang berbasis Islam di Majalengka, Jawa Barat. Siswa yang bersekolah di sekolah dengan dasar agama Islam bukah hanya melaksanakan pembelajaran akademik saja tapi juga diwajibkan untuk memenuhi tuntutan pendidikan dengan dasar agama Islam. Maka stres akademik sangat rentan muncul pada siswa yang disebabkan oleh tuntutan dalam perjalanan menempuh pendidikan yang perlu ditangani secara serius. Tujuan dalam penelitian secara umum yaitu untuk mengetahui cara penanganan yang dilakukan guru BK terhadap siswa yang mengalami stres akademik yang dialami oleh siswa SMA Daarul Amanah melalui affirmation relaxation method. Penelitian didasarkan pada beberapa teori gabungan yakni Relaxation Response Theory yaitu teori pengembangan yang melibatkan faktor keyakinan. Self-Affirmation Theory ialah teori yang berfokus pada perilaku dan pikiran seseorang dan Stress Academic Theory yakni teori tentang reaksi terhadap tekanan yang disebabkan oleh pendidikan. Ketiga teori tersebut berkesinambungan dengan variabel yang digunakan oleh peneliti. Desain penelitian menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas ialah Affirmation Relaxation Method (X) dan variabel terikat adalah Stres Akademik Siswa (Y). Metode yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif Pre-Experimental Design dengan model pretest/posttest one group design dengan jumlah populasi 53 dan jumlah sampel 12 siswa kelas XI SMA Daarul Amanah Rajagaluh, Majalengka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan uji t atau paired sample t-test menunjukan nilai rata-rata sebelum diberikan treatment sebesar 117,75 dengan standar deviasi 22,864, sedangkan rata-rata tingkat stres akademik sesudah diberikan treatment adalah menunjukkan nilai rata-rata 63,58 dengan standar deviasi 6,201. Terjadi penurunan tingkat stres akademik antara sebelum dan sesudah diberikan treatment sebesar 54,167 dengan presentase 54%. Maka hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh penerapan teknik relaksasi afirmasi terhadap stres akademik siswa. Maka Affirmation Relaxation Method memiliki fungsi untuk menurunkan stres akademik yang dialami oleh siswa serta metode relaksasi afirmasi dapat dijadikan sebagai alternatif solusi bagi permasalahan serupa yang terjadi dalam pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Affirmation Relaxation Method; Stres Akademik; Siswa |
Subjects: | Knowledge Knowledge > Reseach Methods Applied Psychology Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis Applied Psychology > Counseling and Interviewing |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Putri Sahnaz Nurfadilah |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:32 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |