Aisah, Siti (2025) Hubungan antara keterampilan Interpersonal dengan Self Awareness peserta didik kelas IV di MI Al-Jihad, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat: Penelitian korelasional pada peserta didik kelas IV di MI Al-Jihad. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_Skbebasplagiarism.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (193kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan interpersonal beberapa peserta didik Kelas IV di MI Al-Jihad Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan data yang diperoleh, 53,8% peserta didik Kelas IV MI Al-Jihad memiliki keterampilan interpersonal yang kurang baik yang terlihat dari situasi lapangan, yang mana terdapat kesulitan pada peserta didik ketika melakukan interaksi sosial, kurang berempati, serta tidak mampu megontrol emosi. Sehingga peneliti ingin melihat apakah kurangnya keterampilan interpersonal berdampak pada self awareness peserta didik. Kurang nya keterampilan interpersonal peserta didik apakah juga memperlihatkan kurangnya self awareness peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui keterampilan interpersonal peserta didik Kelas IV Di MI Al-Jihad, 2) untuk mengetahui self awareness peserta didik Kelas IV Di MI Al-Jihad, 3) untuk mengetahui hubungan antara keterampilan interpersonal dengan self awareness peserta didik Kelas IV Di MI Al-Jihad, dan 4) seberapa besar pengaruh keterampilan interpersonal terhadap self awareness peserta didik Kelas IV MI Al-Jihad. Berdasarkan teori emosional dan interaksi sosial yang berasumsi bahwa keterampilan interpersonal dan self awareness hubungan yang saling mendukung, dimana tingkat keterampilan interpersonal dipengaruhi oleh self awareness, begitupun dengan self awareness yang bisa berkembang melalui keterampilan interpersonal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert, dengan pernyataan yang diturunkan dari indikator keterampilan interpersonal dan self awareness. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 223 peserta didik dan sampel sebanyak 24 responden dari peserta didik Kelas IV MI Al-Jihad. Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu strategi pengambilan sampel dengan memperhatikan kriteria tertentu. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi 1) uji normalitas, 2) uji linearitas, 3) uji korelasi, dan 4) uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh, tingkat keterampilan interpersonal san self awareness peserta didik Kelas IV MI Al-Jihad masuk pada kategori tinggi karena berada pada rentang 66%-84%. Kemudian berdasarkan hasil penelitian, kedua variabel saling berpengaruh dan memiliki hubungan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0.943, yang berada pada tingkat hubungan yang sangat kuat. Sedangkan untuk angka koefisien determinasinya sebesar 0,8892 atau sama dengan 88,9℅, yang berarti keterampilan interpersonal berpengaruh sebesar 88,9℅ terhadap self awareness, sisanya di pengaruhi variabel lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan interpersonal; self awareness |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Aisah |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:11 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |