Penerapan model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) berbantuan Phet Simulation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor

Pramudya, Firdaisya Adisti (2025) Penerapan model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) berbantuan Phet Simulation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Firdaisya Adisti P(1182070023)_bebas plagiarism.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran CRBL, peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran CRBL dan respon peserta didik terhadap model CRBL berbantuan Phet Simulation. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dilaksanakan pada dua kelompok peserta didik yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebagai pembanding dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI F.M.1.2 berjumlah 34 peserta didik dan kelas XI F.M.1.1 berjumlah 34 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran CRBL berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 91% dan aktivitas peserta didik 85%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 3,28 dan t_tabel 1,99 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikasi 0,05 dan hasil respon peserta didik terhadap model CRBL yaitu sebesar 80,7. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model Pembelajaran CRBL dengan nilai N-gain sebesar 0,65 pada kategori sedang di kelas eksperimen dan nilai N-gain sebesar 0,54 dengan interpretasi sedang di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CRBL; Keterampilan berpikir kreatif; Suhu dan Kalor
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Firdaisya Adisti Pramudya
Date Deposited: 12 Mar 2025 01:31
Last Modified: 12 Mar 2025 01:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105614

Actions (login required)

View Item View Item