Pramudya, Firdaisya Adisti (2025) Penerapan model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) berbantuan Phet Simulation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
Firdaisya Adisti P(1182070023)_bebas plagiarism.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (289kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran CRBL, peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran CRBL dan respon peserta didik terhadap model CRBL berbantuan Phet Simulation. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dilaksanakan pada dua kelompok peserta didik yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebagai pembanding dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI F.M.1.2 berjumlah 34 peserta didik dan kelas XI F.M.1.1 berjumlah 34 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran CRBL berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 91% dan aktivitas peserta didik 85%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 3,28 dan t_tabel 1,99 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikasi 0,05 dan hasil respon peserta didik terhadap model CRBL yaitu sebesar 80,7. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model Pembelajaran CRBL dengan nilai N-gain sebesar 0,65 pada kategori sedang di kelas eksperimen dan nilai N-gain sebesar 0,54 dengan interpretasi sedang di kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CRBL; Keterampilan berpikir kreatif; Suhu dan Kalor |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Firdaisya Adisti Pramudya |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 01:31 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 01:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |