Hati, Gandis Laras (2022) Layanan konseling Sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Skplagiaris (Gandis Laras Hati 1154010057).pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (424kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
Abstract
Manusia hakikatnya adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Begitupun remaja yang sangat membutuhkan teman yang seusianya untuk menjalankan kehidupannya. Remaja yang sering kali dihadapkan pada berbagai masalah yang sulit ditangani akan memengaruhi akademiknya disekolah. Sering kali kenakalan yang dilakukan merupakan motif untuk melampiaskan emosional siswa. Konseling sebaya dihadirkan di sekolah agar dapat membantu siswa yang mengalami masalah dalam akademiknya, karena siswa akan jauh lebih terbuka dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program layanan konseling sebaya, proses layanan konseling sebaya dan hasil dari layanan konseling sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Bekasi. Penelitian ini mengacu kepada teori bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan pengaruh teman sebaya. Sebab teman sebaya akan memberikan pujian dan dukungan kepada siswa ketika siswa berprestasi maupun siswa yang sedang mengalami penurunan motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenoligi. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa layanan konseling sebaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Bekasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kondisi layanan konseling sebaya sangat berperan dalam kelangsungan kegiatan konseling sekolah. Proses dari layanan konseling sebaya berlangsung dengan tiga tahap yaitu tahap awal, tahap kerja dan tahap akhir. Hasil dari konseling sebaya terhadap motivasi belajar siswa dikatakan sangat mampu meningkatkan kembali motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Konseling Sebaya; Motivasi Belajar; Siswa Kelas VII |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Gandis Laras Hati |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 04:31 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 04:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |