Firdaus, Rifqi Ihsan (2025) Pengaruh efektivitas program aplikasi Bandung Digital Service terhadap kualitas pelayanan publik di Disdukcapil Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Transformasi digital di sektor pemerintahan semakin berkembang dengan diterapkannya berbagai aplikasi berbasis teknologi, salah satunya adalah Bandung Digital Service (BDS). Namun, rendahnya tingkat adopsi dan kurangnya sosialisasi aplikasi ini menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas program dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Disdukcapil Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas program BDS terhadap kualitas pelayanan publik dengan menggunakan teori efektivitas program dari Sutrisno (2007) dan teori kualitas pelayanan publik dari Parasuraman (1990). Penelitian ini mengukur lima dimensi efektivitas program yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata serta hubungannya dengan kualitas pelayanan publik. Kerangka pemikiran penelitian ini mengasumsikan bahwa semakin tinggi efektivitas program, semakin meningkat pula kualitas pelayanan publik yang diberikan. Hipotesis utama penelitian ini adalah efektivitas program BDS memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada pengguna aplikasi BDS, kemudian dianalisis dengan uji regresi untuk melihat hubungan antara efektivitas program dan kualitas pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan efektivitas program (pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, perubahan nyata) aplikasi Bandung Digital Service berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik di Disdukcapil Kabupaten Bandung sebesar 32%. Sisanya 68% lainnya dipengaruhi faktor lainnya yang tidak diteliti. Dalam perhitungan sumbangan efektif, dimensi dari variabel efektivitas program yang berkontribusi paling besar dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah dimensi perubahan nyata sebesar 12%. Temuan ini menegaskan perlunya peningkatan sosialisasi dan optimalisasi fitur dalam aplikasi BDS untuk meningkatkan efektivitasnya dalam memberikan layanan publik yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas program; kualitas pelayanan publik; Bandung Digital Service |
Subjects: | Public Administration > Public Administration in Specific Localities Public Administration > Public Administration in Indonesia Specific Field of Public Administration > Administration of National Affairs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Rifqi Ihsan Firdaus |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 04:47 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 04:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |