Latifah, Leti (2025) Implementasi model Problem Based Learning pada mata pelajaran SKI dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa di MAN 1 Cianjur. Masters thesis, uin sunangunung jati bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (2).pdf Download (880kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (3).pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5 bab1.pdf Download (580kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6 bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7 bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8 bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9 bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
Abstract
Undang-undang Nomor 20 tahun 2023 tentang sistem pendidikan Nasional pasal 4 mengamanatkan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan prinsip memberi keteladanan, membangun motivasi, dan mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Begitupula berdasarkan keputusan menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 tentang implementasi kurikulum madarasah,bahwa salah satu inovasi dan pengembangan kurikulum madrasah dapat dilakukan pada desain pembelajaran. Pada Hal ini guru sangat berperan dalam mendesain pembelajaran sehingga desain yang disiapkan mampu mengarahkan siswa memiliki kompetensi abad 21 yakni memiliki kemampuan 4 C (critical thinking, creativity, communication and collaboration). Standar kompetensi lulusan siswa Madrasah Aliyah yang tertuang dalam KMA No 347 tahun 2022 tentang pedoman implementasi kurikulum merdeka yaitu siswa menunjukan kemampuan menganalisis permasalahan dan gagasan yang kompleks, menyimpulkan hasilnya, dan menyampaikan argumen yang mendukung pemikirannya berdasarkan data yang akurat. Teori pengajaran John Dewey mendorong pendidik untuk melibatkan peserta didik dalam proyek berorientasi masalah dan membantu peserta didik untuk menyelidiki masalah-masalah sosial dan pentingnya intelektual yang menekankan pada situasi bermasalah yang autentik dan bermakna sebagai dasar penyelidikan yang meliputi keterampilan berfikir lancar, keterampilan berfikir luwes, keterampilan berfikir orisinal, keterampilan memerinci, serta keterampilan menilai. John Dewey menyebutkan bahwa interaksi antara stimulus dan respons atau hubungan antara dua arah belajar dan lingkungan disebut dengan Problem Based Learning. Berdasarkan observasi pendahuluan dan pemberian pretest pada materi Sejarah Kebudayan Islam, tingkat motivasi dan pemahaman siswa rendah karena pembelajaran dirasa monoton dan membosankan serta kurang menantang. Oleh sebab itu peneliti melihat bahwa diperlukan inovasi desain pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa melalui model problem based learning John Dewey yang memiliki 6 sintak dalam implementasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) hasil motivasi dan pemahaman siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MAN 1 Cianjur, (2) Implementasi model Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MAN 1 Cianjur ,(3) Peningkatan motivasi dan pemahaman siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MAN 1 Cianjur. penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di MAN 1 Cianjur, yang terbagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, Pre-Test, Post-Test, Wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, paired sample t-test, uji homogenitas, Uji Mann Whitley, dan Uji NGain. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil motivasi sebelum menggunakan Model Problem Based Learning dikelas pre-eksperimen sebesar 40,25 termasuk kategori sedang, pada kelas pre-kontrol sebesar 40,14 termasuk kategori sedang. Adapun hasil pemahaman pre-eksperimen nilai rata-rata (mean) dari data ini adalah 58,75, dan pre-kontrol nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 63,71. 2)Implementasi Model Problem Based Learning sangat baik sekali, dilihat dari hasil pelaksanaan sintaks yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung sesuai dengan perencanaan dan teori yang berlaku, dan 3) Peningkatan motivasi siswa setelah menggunakan Model Problem Based Learning, kelas eksperimen (PBL) mengalami peningkatan rata-rata nilai yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol (konvensional), dengan kenaikan rata-rata sebesar 26,56 poin (dari 58,75 ke 85,31) dibandingkan kenaikan 15,75 poin pada kelas kontrol (dari 63,71 ke 79,46). Hasil uji N-Gain persen, pada kelas eksperimen adalah Mean sebesar 63,3092 % menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pemahaman siswa di kelas eksperimen berada pada kategori cukup efektif. Uji N-Gain Persen pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional adalah Mean sebesar 41,6271% menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pemahaman siswa di kelas control pada kategori kurang efektif. Ini membuktikan bahwa model PBL lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di kelas X MAN 1 Cianjur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Problem Based Learning; Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Leti Latifah Asyari |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:55 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |