Nasirudin, Rusyd (2025) Implementasi pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan kecakapan Literasi dan berpikir kritis siswa MA Darul Arqam Putra Garut. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Other (BEBAS PLAGIASI)
Nasirudin.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN TESIS NASIRUDIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Teori pembelajaran konstruktivisme merupakan teori yang dikembangakan Jean Piaget. Pembelajaran ini menekankan agar siswa menciptakan pengetahuannya sendiri. Implementasi pembelajaran materi PAI yang efektif terletak pada pendekatan yang digunakan, maka dari itu teori pembelajaran konstruktivistik dapat membantu guru menyelesaikan permasalahan yang muncul ketika pembelajaran. Teori pembelajaran konstruktivisme mengarahkan siswa agar terbiasa dengan literasi sehingga mampu meningkatkan kecakapan literasi dan berpikir kritis yang merupakan kecakapan yang harus dimiliki di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Implementasi teori pembelajaran konstruktivistik dalam mata pelajaran PAI di MA Darul Arqam Putra. b) Implementasi teori pembelajaran konstruktivisme dalam menguatkan kecakapan literasi siswa MA Darul Arqam Putra, c) Implementasi teori pembelajaran konstruktivisme dalam menguatkan kecakapan berpikir kritis siswa MA Darul Arqam Putra. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa setiap pengetahuan, reaksi dan perasaan jiwa manusia yang diperoleh adalah hasil dari pengalaman indrawi. Ketika manusia lahir jiwanya kosong, seperti selembar kertas putih yang tidak tertulis. Segala sesuatu yang tertulis di kertas putih ditulis melalui panca indera sejak kecil. Semua pergolakan jiwanya akan terdiri dari pengalamannya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik dan instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa: 1). Implementasi teori kosntruktivisme pada mata pelajaran PAI di MA Darul Arqam Putra terdiri dari 8 fase, yaitu fase pembentukan team kolaboratif, fase aktivasi skemata awal, fase menciptakan konflik kognitif, fase perencanaan pengkonstruksian konsep, fase pengkontruksian konsep, fase presentasi kelas, fase tes individu, dan fase rekognisi kelompok. 2) Implementasi teori pembelajaran konstruktivisme di MA Darul Arqam Putra bisa menguatkan kecakapan literasi siswa karena sintak dan prinsip utama dalam teori belajar ini banyak mengharuskan siswa membaca dan mengamati. 3) Implementasi pembelajaran konstruktivsime di MA Darul Arqam Putra bisa membantu dalam menguatkan kecakapan berpikir kritis siswa karena pembelajaran konstruktivisme di MA Darul Arqam Putra berpegang bahwa siswa dan guru dianggap sejajar dalam pembelajaran, mendorong siswa untuk mengemukakan pendapat dan gagasannya secara bebas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konstruktivisme; Literasi; Berpikir Kritis |
Subjects: | Education, Research Education and Research of History |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | nasirudin rusyd |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:46 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 01:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |