Apriani, Cici (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik TPSQ (Think-Pair-Square) untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi unsur, senyawa dan campuran: Penelitian kelas terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
Abstract
Materi unsur, senyawa, dan campuran merupakan salah satu materi yang dikaji dalam pembelajaran IPA, berdasarkan studi pendahuluan proses pembelajaran sebelum materi ini guru menyampaikan dengan metode konvensional sebagaimana data hasil siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 11 orang siswa dari jumlah 48 orang siswa, oleh karena itu diterapkan pembelajaran kooperatif teknik TPSq untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa melalui penelitian. Pembelajaran ini memiliki tiga tahap yaitu tahap think, tahap pair dan tahap square. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mendesripsikan aktivitas siswa, menganalisis kinerja siswa dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi, menganalisis hasil tes keterampilan berkomunikasi tulisan siswa setelah diterapakannya pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kelas dengan subjek 48 orang siswa di SMP Negeri 3 Soreang. Instrumen yang digunakan adalah LKS, format observasi aktivitas siswa dan guru, tes keterampilan berkomunikasi tulisan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan pembelajaran materi unsur, senyawa, dan campuran dengan mengembangkan keterampilan berkomunikasi melalui pembelajaran teknik TPSq terimplementasi dengan baik. Kemampuan siswa pada setiap tahap 80, 85 dan 69. Nilai rata-rata tes keterampilan berkomunikasi tulisan siswa diperoleh 70 dengan kategori baik, namun untuk setiap kelompok prestasi perolehannya berlainan, kelompok tinggi mencapai hasil yang baik dengan nilai 76, kelompok sedang 66 dan kelompok rendah 67.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | senyawa dan campuran; materi unsur; keterampilan berkomunikasi; Pembelajaran Kooperatif teknik TPSq (Think-Pair-Sq); |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:06 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 06:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1059 |
Actions (login required)
View Item |