Maulana, Mochamad (2025) Strategi dakwah masjid An-Nur Empang Bogor bagi para peziarah kasus pada objek wisata ziarah makam Al-Habib Abdullah Bin Muhsin Al-Attas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
(COVER).pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
(ABSTRAK).pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT KETERANGAN PLAGIARISME)
(SURAT KETERANGAN PLAGIARISME).pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
(DAFTAR ISI).pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
(BAB I).pdf Download (249kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
(BAB II).pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
(BAB III).pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
(BAB IV).pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
(DAFTAR PUSTAKA).pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
(LAMPIRAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
Abstract
Kegiatan Ziarah biasanya dilakukan dalam bentuk mendoakan seseorang yang sudah meninggal, dan juga ketika seseorang berziarah hanya dalam bentuk berkunjung dan juga mendoakan. Berziarah kepada khalifah atau wali allah dipercaya mendapat berkah dalam doanya karena dianggap tokoh tersebut dekat dengan allah. Masjid An-Nur yang berada di Empang Bogor melakukan kegiatan dakwah dengan strategi yang tak biasa untuk para peziarah. Selain dari proses dakwahnya yang teratur, yayasan masjid ini juga menyediakan SDM dainya itu sendiri yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan, selain itu juga cara atau pendekatan juga dilakukan bertujuan untuk membuat penyampaian dakwah kepada para peziarah dan warga sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi dakwah yang dilakukan masjid terhadap para peziarah. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Komunikasi dari Mohr and Nevin yang mencangkup Komunikator, Pesan, Media Komunikasi, Khalayak Sasaran sebagai komponen dan Analisa, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi sebagai tahapanya. Teori-teori ini membantu menjelaskan bagaimana Strategi Dakwah yang dilakukan Masjid An-Nur Empang Bogor kepada Peziarah. Metodologi penelitian ini menggunakan paradigma interpretif relevan dan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Penelitian ini berfokus pada penelitian strategi dakwah kepada para peziarah, hal ini dikarenakan Masjid dekat dengan makam Habib Abdullah Bin Mukhsin Al-Attas seorang ulama besar disana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah Masjid An-Nur bagi para peziarah memiliki proses, penyediaan dan pendekatan dakwah yaitu sendiri. Ada beberapa proses dakwah yang dilakukan perencanaan, penyampaian, pembinaan, evaluasi dan penguatan. Dalam penyediaan SDM dai sudah diaturoleh yayasan tentang kriterianya dan untuk pendekatan dakwah, masjid ini menggunakan idkholus surur, jabrul khawatir, dan ihya’u qulub. Kesimpulan penelitian ini ialah bahwa strategi dakwah yang digunakan oleh masjid kepada para peziarah efektif dalam menyampaikan pesan keagamaan. Proses dakwah yang baik, penyediaan dai yang berkualitas dan juga pendekatan yang membuat para jamaah senang untuk menghadiri setiap kegiatan masjid. Manfaat kepada peziarah dan masyarakat sekitar, selain berkunjing dengan niatan wisata ziarah tapi juga mengikuti kegiatan dakwah yang dilakukan masjid An-Nur Empang Bogor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah; Masjid; Peziarah; Wisata Ziarah |
Subjects: | Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mochamad Maulana |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:16 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |