Strategi dakwah masjid An-Nur Empang Bogor bagi para peziarah kasus pada objek wisata ziarah makam Al-Habib Abdullah Bin Muhsin Al-Attas

Maulana, Mochamad (2025) Strategi dakwah masjid An-Nur Empang Bogor bagi para peziarah kasus pada objek wisata ziarah makam Al-Habib Abdullah Bin Muhsin Al-Attas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
(COVER).pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
(ABSTRAK).pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT KETERANGAN PLAGIARISME)
(SURAT KETERANGAN PLAGIARISME).pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
(DAFTAR ISI).pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
(BAB I).pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
(BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
(BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB IV)
(BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
(DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Kegiatan Ziarah biasanya dilakukan dalam bentuk mendoakan seseorang yang sudah meninggal, dan juga ketika seseorang berziarah hanya dalam bentuk berkunjung dan juga mendoakan. Berziarah kepada khalifah atau wali allah dipercaya mendapat berkah dalam doanya karena dianggap tokoh tersebut dekat dengan allah. Masjid An-Nur yang berada di Empang Bogor melakukan kegiatan dakwah dengan strategi yang tak biasa untuk para peziarah. Selain dari proses dakwahnya yang teratur, yayasan masjid ini juga menyediakan SDM dainya itu sendiri yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan, selain itu juga cara atau pendekatan juga dilakukan bertujuan untuk membuat penyampaian dakwah kepada para peziarah dan warga sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi dakwah yang dilakukan masjid terhadap para peziarah. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Komunikasi dari Mohr and Nevin yang mencangkup Komunikator, Pesan, Media Komunikasi, Khalayak Sasaran sebagai komponen dan Analisa, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi sebagai tahapanya. Teori-teori ini membantu menjelaskan bagaimana Strategi Dakwah yang dilakukan Masjid An-Nur Empang Bogor kepada Peziarah. Metodologi penelitian ini menggunakan paradigma interpretif relevan dan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Penelitian ini berfokus pada penelitian strategi dakwah kepada para peziarah, hal ini dikarenakan Masjid dekat dengan makam Habib Abdullah Bin Mukhsin Al-Attas seorang ulama besar disana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah Masjid An-Nur bagi para peziarah memiliki proses, penyediaan dan pendekatan dakwah yaitu sendiri. Ada beberapa proses dakwah yang dilakukan perencanaan, penyampaian, pembinaan, evaluasi dan penguatan. Dalam penyediaan SDM dai sudah diaturoleh yayasan tentang kriterianya dan untuk pendekatan dakwah, masjid ini menggunakan idkholus surur, jabrul khawatir, dan ihya’u qulub. Kesimpulan penelitian ini ialah bahwa strategi dakwah yang digunakan oleh masjid kepada para peziarah efektif dalam menyampaikan pesan keagamaan. Proses dakwah yang baik, penyediaan dai yang berkualitas dan juga pendekatan yang membuat para jamaah senang untuk menghadiri setiap kegiatan masjid. Manfaat kepada peziarah dan masyarakat sekitar, selain berkunjing dengan niatan wisata ziarah tapi juga mengikuti kegiatan dakwah yang dilakukan masjid An-Nur Empang Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Masjid; Peziarah; Wisata Ziarah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mochamad Maulana
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:16
Last Modified: 20 Mar 2025 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106019

Actions (login required)

View Item View Item