Nurhayati, Indah (2025) Strategi dakwah melalui gerakan sedekah di media sosial: Analisis deskriptif pada akun Instagram @mis.community. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dakwah dalam Islam bertujuan untuk mengajak dalam kebaikan.Dakwah masa kini, diperlukan pendekatan yang sesuaidengan perkembangan zaman dan teknologi, salah satunya pendekatan dakwah berbasis amal sosial melalui gerakan sedekah, yang tidak hanya menyampaikan pesan moral tetapi juga memberi dampak nyata. Melalui media sosial seperti Instagram, dakwah dapat dijangkau lebih luas, seperti komunitas Moeslim Independent Squad (MIS) yang memanfaatkan akun Instagram @mis.community untuk mengajak pengikutnya berpartisipasi dalam gerakan sedekah, dengan mengemas konten yang mengedukasi dan memotivasi audiens untuk terlibat langsung dalam aktivitas sosial sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis strategi dakwah yang diterapkan oleh Moeslim Independent Squad (MIS) dengan gerakan sedekah melalui Instagram dengan nama akun @mis.community. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konten di akun @mis.community dalam menerapkan pendekatan sentimental, rasional, dan inderawi dalam dakwah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dakwah Al Bayanuni yang ditulis oleh Muhammad Abu Fatah Al-Bayununi dalam kitab al-madkhal ila ilmi ad dakwah dan buku Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Strategi dakwah Al Bayanuni menekankan pentingnya menggunakan berbagai metode dakwah yang sesuai dengan karakteristik audiens, seperti pendekatan sentimental (emosional), rasional (logis), dan inderawi (melalui panca indera). Strategi ini bertujuan agar dakwah dapat diterima dengan baik dan mempengaruhi audiens secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui wawancara dan observasi konten. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjabarkan hasil analisis strategi dakwah melalui gerakan sedekah di akun Instagram @mis.community sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah yang diterapkan oleh MIS di Instagram @mis.community mencakup tiga pendekatan. Pertama, strategi dakwah sentimental yang membangun koneksi emosional dengan audiens melalui gaya bahasa dan ajakan lembut serta sikap santun dan kasih sayang, disertai konten positif dan dokumentasi. Kedua, strategi dakwah rasional yang menyasar berbagai kalangan dengan pendekatan logis, transparansi, dan bukti nyata untuk mempengaruhi pemikiran dan keyakinan audiens. Ketiga, strategi dakwah inderawi yang menonjolkan visual dan emosional dengan menampilkan keteladanan dan mengajak audiens berpartisipasi dalam sedekah untuk mengatasi kemungkaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah; Gerakan Sedekah; Media Sosial |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shadaqah, Sedekah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Indah Nurhayati |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:59 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |